Jasa Desain Grafis Solo: Berkualitas & Terbaik untuk Bisnismu!

Fachmy Casofa

jasa desain grafis solo

Jasa Desain Grafis Solo – Pada dasarnya, desain merupakan pola rancangan yang menjadi dasar pembuatan suatu benda. Desain merupakan langkah awal sebelum memulai membuat suatu benda, seperti baju, furnitur, bangunan, dll.

Pada saat pembuatan desain biasanya mulai memasukkan unsur berbagai pertimbangan, perhitungan, cita rasa, dll. Sehingga, bisa dibilang bahwa sebuah desain merupakan bentuk perumusan dari berbagai unsur termasuk berbagai macam pertimbangan di dalamnya

Desain komunikasi visual atau lebih dikenal di kalangan sivitas akademika di Indonesia dengan singkatan DKV pada dasarnya merupakan istilah penggambaran untuk proses pengolahan media dalam berkomunikasi mengenai pengungkapan ide atau penyampaian informasi yang bisa terbaca atau terlihat.

Desain Komunikasi Visual erat kaitannya dengan penggunaan tanda-tanda (signs), gambar (drawing), lambang dan simbol, ilmu dalam penulisan huruf (typography), ilustrasi dan warna yang kesemuanya berkaitan dengan indra penglihatan.

Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan teks dan atau gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan. Seni desain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan termasuk tipografi, pengolahan gambar, dan page layout.

Desainer grafis menata tampilan huruf dan ruang komposisi untuk menciptakan sebuah rancangan yang efektif dan komunikatif. Desain grafis melingkupi segala bidang yang membutuhkan penerjemahan bahasa verbal menjadi perancangan secara visual terhadap teks dan gambar pada berbagai media publikasi guna menyampaikan pesan-pesan kepada komunikan seefektif mungkin.

 

Biaya Jasa Desain Grafis Solo

Bagi Anda yang membutuhkan jasa desain grafis bulanan, maka kami menawarkan paket harga yang ramah di kantong bisnis Anda. Silakan hubungi kami untuk penawaran harga dari jasa kami.

 

Pentingnya Desain Grafis

Desain menjadi kebutuhan penting di berbagai aspek kehidupan. Desain yang seyogianya sebagai ilmu rancang, menciptakan sesuatu dari konsep dan ide menjadi sesuatu yang wujud serta bermanfaat dan pesan tersampaikan.

Di kota Solo sendiri, jarang sekali ada studio desain grafis, di mana fokusnya adalah mengonsep materi desain dengan lebih konseptual. Hal ini padahal sangat penting bagi bisnis Anda, karena tanpa desain grafis yang konseptual, bisnis Anda tak akan mampu membuat perbedaan yang berarti.

Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam desain grafis, teks juga dianggap gambar.

Mengapa bisa begitu?

Yah, tak lain tak bukan karena teks juga merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. Oleh itulah, terkadang kita juga bisa menikmati sebuah seni visual grafis yang tidak berupa gambar, tapi serangkaian huruf yang dibentuk dengan indah.

Saat ini, desain grafis lebih dikenal dengan “desain komunikasi visual” atau biasa disingkat dengan sebutan DKV. Disebut seperti itu karena peran desain grafis dalam mengkomunikasikan pesan dan informasi kepada audiens dengan cara sentuhan visual yang sangat kental, seperti:  warna, ilustrasi, tipografi, garis dan sebagainya.

Bahkan, desain grafis sering dikategorikan sebagai commercial art karena merupakan paduan antara seni rupa dengan komunikasi untuk tujuan bisnis.

Dalam Encyclopedia of Graphic Design + Designers (Living Stone, 1994: 90) disebutkan, “Graphic design is generic term for the activity of combining typography, illustration, photography and printing for purposes of persuasion, information or instruction.”

Artinya, desain grafis adalah proses mengkombinasikan tipografi, ilustrasi, fotografi dan cetak untuk tujuan persuasif (mengajak), memberikan informasi atau perintah.

Ketatnya kompetisi di bidang industri dan jasa, belum lagi ditambah dengan perkembangan informasi dan teknologi yang kayaknya sudah tidak dapat dibendung lagi itu, menjadikan desain grafis semakin dibutuhkan. Apalagi, dalam tingkat industri.

Mengapa bisa begitu?

Alasannya, tak lain dan tak bukan, karena jika informasi atau komunikasi persuasif disampaikan dalam bentuk yang biasa saja, tentu tidak akan menarik perhatian. Oleh karena itu, kreativitas seorang desainer grafis mutlak diperlukan.

Jadi, bila suatu perusahaan mengeluarkan sebuah iklan untuk majalah misalnya, akan tetapi desain dan juga teksnya sangat buruk, tentu akan terkesan bahwa perusahaan tersebut tidak profesional.

Sebaliknya, sebuah perusahaan skala kecil, tapi mampu membuat iklan untuk majalah dengan sangat apik, nyeni, dan mengundang perhatian pembaca, tentu akan menimbulkan kesan bahwa perusahaan tersebut profesional.

Seperti itulah tugas seorang desainer grafis: memberikan solusi bagi permasalahan komunikasi visual menjadi lebih kreatif dan juga efektif bagi klien.

Seorang desainer grafis benar-benar dituntut untuk bisa mengkomunikasikan gagasannya dengan cara yang kreatif, agar ide serta maksud dan tujuan dibuatnya sebuah karya dapat tersampaikan dengan baik, dan lebih dari itu, dapat merebut perhatian target audiens.

Saat ini karya dari desainer grafis dengan berbagai tingkat kreativitasnya terpampang sejak bangun tidur, hingga tidur lagi.

Bangun tidur, kamu pasti sudah bisa merasakan aroma desain dalam kamarmu. Desain sprei, poster, interface handphone, bahkan sandal. Masuk ke kamar mandi, beragam logo pun terpampang dengan berebutan mencari perhatian kamu mulai dari pasta gigi, sampo, sikat gigi, sabun mandi, pencukur kumis, hingga pembersih wajah.

Berangkat ke kampus, melihat baliho, flyer di jalan, stiker pada belakang angkota, hingga sentuhan grafiti pada bak truk.

Masuk kantin, menemukan lagi logo dan segala upaya branding dari makanan, mulai dari burger, roti, mie instan, teh botol, minuman bersoda, hingga tusuk gigi pun desain kemasannya membutuhkan sentuhan desainer grafis.

Akan tetapi, tunggu dulu. Walaupun setiap hari mata kita seolah “dipaksa” untuk melihat logo, iklan, brosur, info produk, serta instruksi manual dan lainnya, ada lho beberapa yang desainnya bagus dan mengesankan. Akan tetapi, tidak sedikit pula yang menjadi polusi mata karena hanya sekedar dibuat, tanpa konsep yang jelas.

Seorang desainer grafis hendaknya bisa menjembatani ide dari sebuah konsep dengan citra seni, sehingga menghasilkan karya yang tidak hanya berhasil merebut perhatian audiens, namun juga memiliki nilai estetika.

 

jasa desain solo

 

Pentingnya Jasa Desain Grafis

Apakah seorang desainer itu adalah seorang seniman? Pertanyaan ini sering ditanyakan oleh mereka yang baru ingin masuk ke dalam ranah desain grafis. Sebenarnya, dalam kehidupan sehari-hari, kita dapat dengan mudah membedakan antara praktik seni rupa yang dilakukan seniman dengan praktik desain yang dilakukan oleh desainer grafis.

Menurut Supriyanto (2007: 13), “Iklan, karena tuntutan fungsi komersialnya mensyaratkan komunikasi yang intens dengan perangkat simbolik yang jelas, agar komunikasi atau apa yang ingin disampaikan bisa tercapai. Sementara itu, pada karya seni rupa yang baik, tentu saja rujukan dan tujuan itu justru disusun secara tidak langsung, berlapis-lapis atau bahkan samar dan kabur sama sekali. Jika ujung komunikasi iklan adalah ajakan agar orang pasif dan bersedia membuka dirinya untuk menerima bujukan, maka komunikasi estetik seni rupa justru mendorong orang untuk aktif melakukan refleksi hening.”

Secara sederhana, seni rupa adalah ekspresi bebas sang seniman itu sendiri, bersifat murni estetik. Biasanya, tidak ada unsur kefungsian sama sekali.

Hanya unsur keindahan yang sangat ditonjolkan. Nah, sedangkan desain grafis, dijelaskan berfungsi sebagai problem solver bagi permasalahan komunikasi visual.

Namun, bagaimana bila terjadi sebaliknya, yaitu jika ada seorang seniman yang menciptakan sebuah karya yang menarik, fungsional, ekspresif dengan nilai seni yang sangat tinggi, tapi di sisi lain, ada seorang desainer grafis yang menciptakan karya desain yang menarik, tapi tidak fungsional dan tidak mengikuti brief pihak manapun?

Bagaimanapun, tugas utama seorang desainer grafis adalah menyampaikan informasi atau pesan-pesan dari klien kepada audiens yang dituju.

Untuk menyampaikan pesan tersebut, desainer perlu menggunakan elemen-elemen visual seperti garis, warna, gambar dan bidang yang disusun sedemikian rupa dan semenarik mungkin. Sehingga, pesan dari klien kepada target audiens dapat tersampaikan dengan baik dan juga menarik. Di sini, seorang desainer grafis berfungsi sebagai mediator.

Di situlah letak tantangan seorang desainer grafis. Berbeda dengan seorang seniman yang bekerja sendiri, memuaskan ego-ego estetiknya dalam berkarya, seorang desainer grafis tidak hanya dituntut menghasilkan ide-ide segar, namun juga mampu menyampaikannya dengan cara yang tetap mengandung unsur estetika, dan tetap sesuai dengan tujuan dan maksud dibuatnya desain tersebut.

Dengan kata lain, seorang desainer harus bisa membuat karya yang asik, menarik, kreatif, dan juga efektif, tapi tetap sesuai brief dari klien sebagai pemakai jasa desain.

Desain yang baik selalu didukung oleh ilustrasi (foto maupun gambar), tipografi dan unsur-unsur visual yang berkualitas. Untuk menciptakan desain yang berkualitas, seorang desainer grafis dituntuk memiliki sense of aesthetic  yang memadai, dan tentu saja keahlian untuk mengoperasikan software desain lewat komputer.

Saat ini kita melihat seolah dunia bergerak dengan sangat cepat. Segala kemudahan dalam dunia informasi dan industri semakin dapat dinikmati semua kalangan.

Hal ini berbanding lurus dengan kebutuhan manusia akan desain grafis. Mengapa bisa begitu?

Karena hampir semua industri dan juga informasi memerlukan desainer grafis untuk menerjemahkan ide dan gagasan ke dalam berbagai media secara kreatif dan juga efektif.

 

Lingkup Kerja Jasa Desain Grafis Solo

Apa saja yang dikerjakan oleh seorang desainer grafis? Berikut ini beberapa rangkuman dari kegiatan kerja seorang desainer grafis dalam beberapa bidang. Sebenarnya, cakupannya kerjanya sangat luas dan tergantung dengan keinginan klien dan perkembangan jaman yang juga berkempang pesat.

Jadi, beberapa rangkuman di bawah ini hanyalah beberapa saja, dan akan terus bertambah daftarnya sesuai dengan perubahan-perubahan yang pasti terjadi dalam sebuah industri, apalagi industri kreatif yang memang mutlak diperlukan adanya inovasi dan perubahan yang terus-menerus.

Lingkup kerja seorang desainer dalam bidang printing biasanya membuat:

  • desain stiker,
  • kartu nama,
  • amplop,
  • kop surat,
  • map,
  • formulir,
  • memo,
  • leaflet,
  • kaver buku,
  • iklan kolom koran,
  • layout koran,
  • layout majalah,
  • iklan majalah,
  • kartu pos,
  • kemasan produk retail,
  • poster,
  • flyer,
  • kalender,
  • brosur,
  • folder,
  • buku,
  • katalog,
  • buku agenda,
  • company profile,
  • kemasan produk,
  • annual report,
  • buku tahunan sekolah,
  • dan lain sebagainya.

Lingkup kerja seorang desainer grafis dalam bidang web, biasanya membuat:

  • desain interface,
  • desain banner ads,
  • dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk desainer grafis dalam ranah multimedia, membuat:

  • desain presentasi,
  • desain interface program,
  • disc cover,
  • dan lain sebagainya.

Dalam ranah identitas, membuat:

Adapun dalam bidang enviromental, membuat membuat:

  • desain papan arah,
  • papan pengumuman,
  • desain sign system tools,
  • dan lain sebagainya.

 

jasa desain logo kota solo

 

Mengapa Memesan Desain Grafis ke Studio Desain, Bukan ke Digital Printing?

Fungsi digital printing hanyalah mencetak, bukannya sebagai pengonsep dari komunikasi visual bisnis Anda.

Apa saja sih contoh dari komunikasi visual untuk bisnis Anda?

  • Desain stationery kit: kartu nama bisnis, kop surat, amplop, map folder.
  • Desain buku menu dan daftar menu untuk restoran, kafe, warung.
  • Desain poster untuk event, promosi, restoran, perusahaan, sekolah.
  • Desain banner: xbanner, roll banner, vertical banner, spanduk.
  • Desain backdrop/desain latar.
  • Desain baliho dan desain billboard.
  • Desain kaos/t-shirt (seragam, distro, produk, merchandise, dan sebagainya).
  • Desain maskot, karakter kartun/vektor 2D.
  • Desain flyer, desain brosur, desain leaflet, desain katalog, desain booklet untuk restoran, toko, perusahaan.
  • Desain profil perusahaan (company profile) untuk perusahaan, UMKM, restoran.
  • Desain website perusahaan.

 

***

 

Nah, bila Anda tertarik untuk memesan kebutuhan visual komunikasi dari bisnis Anda tersebut, jangan sungkan untuk menghubungi kami. Jasa desain grafis Solo, Enxyclo Brand Therapist and Digital Marketing Agency sebagai studio desain, branding, dan digital marketing terbaik di kota Solo, bisa membantu Anda dalam melakukan jenis promosi ini.

 

 

Jangan lupa, untuk jasa desain grafis Solo segera hubungi Enxyclo, yang juga bisa membantu konsep marketing apa yang cocok untuk bisnis Anda. Semuanya bisa dikerjakan oleh Enxyclo karena memang area kerjanya di seputar desain grafis, digital marketing, copywriting, SEO, dan kebutuhan creative business lainnya. []

Also Read

Bagikan:

Tags

10 thoughts on “Jasa Desain Grafis Solo: Berkualitas & Terbaik untuk Bisnismu!”

  1. Pingback: Jasa Branding Solo: Melesatkan Bisnis Anda! – ENXYCLO | Jasa Desain Solo | Desain Logo Solo | Desain Kemasan Solo | Desain Promosi Solo | Jasa Desain Grafis Online |
  2. Pingback: 14 Peluang Usaha Online Paling Menghasilkan
  3. Pingback: Ide dan strategi desain web paling terkenal – Tips Wisata Dalam Negeri
  4. Pingback: Kamu Sanggup Jago Design Grafis Dengan 8 Guidelines Otodidak Di sini. Nggak Pakai Kursus! – Informasi Teknologi
  5. Pingback: Belajar Desain Grafis Mudah Serta Cepat Untuk Pemula – Informasi Wisata
  6. Pingback: Ideas Design Yg Simple Bagi Meningkatkan Mutu Gambar Untuk Social Media – Informasi Bisnis

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.