jasa facebook ads solo

Jasa Facebook Ads Solo: Strategi Jitu Meledakkan Omset Bisnismu!

Jasa Facebook Ads Solo – Dalam ketatnya persaingan bisnis online saat ini, Anda membutuhkan lebih dari satu marketing channel agar dapat sukses.

Salah satu yang layak Anda coba adalah Facebook Ads.

Tahukah Anda, bahwa Facebook ibarat katalog yang bisa Anda akses kapan saja untuk menemukan calong pelanggan yang tepat bagi bisnis Anda?

Akan tetapi, Anda tidak serta-merta dapat menampilkan produk/layanan Anda begitu saja.

Ada keterbatasan yang tidak bisa Anda tembus, misalnya jumlah maksimal teman, akses ke grup tertentu, postingan hanya dapat dilihat follower, dan lain-lain.

Intinya, Facebook Ads memberikan solusi bagi Anda yang ingin menggunakan Facebook untuk bisnis.

 

Apa Itu Facebook Ads?

Facebook Ads adalah layanan milik situs jejaring Facebook untuk mengiklankan serta mempromosikan suatu Fan Page. Sebagai pemasang iklan, Anda dapat menentukan sendiri jangkauan yang Anda inginkan agar postingan yang Anda iklankan tepat sasaran.

Facebook Ads sangat cocok untuk Anda yang memiliki usaha kecil, menengah maupun usaha berskala besar.

Mengapa harus menggunakan Facebook Ads? Karena Anda bisa menentukan siapa saja yang dapat melihat iklan Anda berdasarkan demografi, perilaku, maupun informasi kontak spesifik yang mereka miliki.

Misalkan Anda memiliki produk makanan burung. Tentu produk Anda memiliki peluang laku keras jika dipasarkan di segmen pehobi burung, bukan?

Nah, dengan menggunakan Facebook Ads, iklan Anda akan ditampilkan pada orang-orang yang memiliki ketertarikan pada produk Anda. Enak, kan?

 

Apa Manfaat Facebook Ads untuk Bisnis?

Sebagai pemilik bisnis, apa yang terlintas dalam pikiran Anda ketika melihat banyaknya orang Indonesia yang menggunakan Facebook?

Ya, benar. Anda bisa memanfaatkan Facebook untuk kebutuhan kanal marketing Anda. Anda bisa menjangkau lebih dari setengah penduduk Indonesia yang tersebar dari Sabang sampai Merauke menggunakan satu platform saja.

Beberapa alasan mengapa Anda harus beriklan di Facebook.

Facebook Ads menyediakan berbagai pilihan tujuan marketing, dari mendapatkan trafik, mengumpulkan leads, download aplikasi, hingga melakukan pembelian.

Anda dapat memilih salah satu dari pilihan tujuan marketing yang paling sesuai dengan bisnis Anda. Butuh jasa Facebook Ads Solo? Segera hubungi Enxyclo.

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan bagi bisnis Anda, bila Anda memasang iklan melalui Facebook Ads.

1. Penargetan yang Efektif

Facebook menawarkan sejumlah besar opsi penargetan dan penargetan ulang agar Anda bisa menayangkan iklan kepada target audience yang telah didefinisikan secara mendetail (sesuai dengan demografi, lokasi, perilaku, dalam golongan audience yang mirip, dan masih banyak lagi detail yang lainnya).

Facebook ini bisa memudahkan Anda dalam menangani kampanye iklan di berbagai media sosial, dengan fitur yang sebenarnya sangat mudah digunakan.

Mengapa mudah dipakai?

Karena sudah dibuat untuk memandu Anda menyiapkan kampanye iklan Anda. Dengan beberapa klik saja, Anda sudah bisa menjalankan berbagai iklan di Facebook, Instagram, Audience Network, dan Messenger baik pada layar ponsel maupun desktop. Anda tinggal mengatur preferensi Anda sendiri sesuai dengan kepentingan bisnis Anda.

Anda juga dapat memasukkan piksel tracking ke dalam page di website Anda agar Anda bisa menargetkan pelanggan ideal Anda dengan produk apa saja yang paling mereka minati.

2. Jangkauan Target yang Luas

Traffic seluler saat ini menjadi sangat penting karena penetrasi smartphone terus meningkat dan jaringan data 4G semakin berkembang. Banyak orang melirik smartphone dan mengakses media sosial bahkan di tengah-tengah pekerjaan penting mereka, lihat saja sekitar Anda. Dengan hadirnya Facebook Ads ini, Anda mendapatkan akses ke audience seluler Anda dan pesan iklan yang Anda pasang pasti sampai di layar mereka.

Bicara soal Facebook sendiri, penggunanya kini sudah mencapai lebih dari 1,74 miliar. Hampir seluruh penggunanya mengakses aplikasi seluler mereka di smartphone setiap hari, dan angka penggunaannya terus berkembang. Jadi, Facebook Ads layak dicoba.

3. Analisis Lanjutan untuk Penargetan Berikutnya

Facebook juga tidak berfokus hanya pada analitik dan pelaporan untuk iklan yang dikerjakannya. Daripada berjuang untuk melihat seberapa tinggi tingkat konversi Anda dan bagaimana metrik sosial yang lainnya, dengan Facebook Ads Anda bisa mengatur perencanaan iklan Anda dengan jelas di depan Anda dengan langkah yang lebih mudah dimengerti.

Saat mengelola halaman Facebook, Anda bisa mengakses data ini lewat tab “wawasan” di mana pihak Facebook akan memberi Anda metrik seperti jangkauan mingguan, page yang disukai, keterlibatan pos, pos yang berkinerja terbaik, dan Anda juga bisa mengukur page Anda dengan metrik persaingan untuk melihat bagaimana kecocokkan penargetan Anda.

Visibilitas data ini benar-benar dapat membantu Anda dalam menyesuaikan kampanye iklan Anda sesuai dengan kebutuhan, dibandingkan hanya mencari tahu apakah itu efektif ataukah tidak setelah muncul beberapa fakta.

4. Meningkatkan Brand Awareness

Pengguna Facebook memeriksa news feed mereka sejumlah beberapa kali per hari. Inilah yang memberi kesempatan agar target pasar Anda bisa berulang kali menerima paparan atau exposure akan iklan yang sudah Anda pasang. Butuh jasa Facebook Ads Solo? Segera hubungi Enxyclo.

Bahkan jika target pasar Anda itu tidak mengklik di awal, jika iklan Anda terlihat secara lanjutan, iklan Anda bisa berpotensi membantu Anda dalam membangun kepercayaan. Jika kepercayaan pasar sudah terbangun, Anda juga bisa menciptakan peluang untuk penargetan ulang di waktu yang akan datang.

5. Meningkatkan CTR (Click Through Rate)

Kualitas dan keakuratan hasil dari iklan Facebook juga meningkat terus. Mengapa?

Karena Facebook meningkatkan tool periklanan dan bisnisnya secara terus-menerus sehingga Facebook dapat dikatakan konsisten mempelajari berbagai hal terkait penggunaan Facebook Ads ini dengan tepat.

Dan sekarang, dengan peningkatan konstan pada penargetan serta hasil akhir yang kreatif, Anda bisa menghubungi audience yang tepat yang ingin Anda jangkau.

Selain itu, audience itu dapat memiliki kebebasan untuk jadi kreatif dengan beberapa jenis iklan yang bisa Anda pilih dan tampilkan kepada calon customer atau pelanggan Anda.

 

Menentukan Tujuan Marketing di Facebook Ads

Silakan pilih tujuan marketing, pada contoh ini kami memilih Lalu Lintas. Butuh jasa Facebook Ads Solo? Segera hubungi Enxyclo.

Berikut adalah fungsi dari masing-masing tujuan marketing yang tersedia, silakan pilih yang sesuai dengan kebutuhan dari produk Anda:

Kesadaran

  • Kesadaran Merek: Meningkatkan kesadaran orang yang memiliki ketertarikan pada produk yang Anda miliki.
  • Kesadaran Lokal: Anda dapat menentukan iklan yang ditujukan ke orang-orang yang satu lokasi dengan bisnis Anda.
  • Jangkauan: Menampilkan iklan Anda pada jumlah maksimal dari orang sesuai dengan anggaran Anda.

Pertimbangan

  • Lalulintas: Meningkatkan jumlah kunjungan ke website Anda atau mendapatkan banyak pengguna untuk aplikasi Anda.
  • Interaksi: Pilihan ini tepat jika Anda ingin mendapatkan interaksi pada kiriman, like halaman, tanggapan pada acara yang akan Anda selenggarakan atau untuk promo mengenai produk Anda.
  • Pemasangan aplikasi: Tujuan iklan ini berguna bagi Anda yang menginginkan orang lain menginstal aplikasi yang Anda buat.
  • Penayangan video: Jika Anda membuat konten berupa video, pilihan ini harus dipilih untuk mendapatkan lebih banyak orang menonton video yang Anda buat.
  • Pembuatan prospek: Untuk mengumpulkan data dari orang yang memiliki ketertarikan pada produk Anda, data tersebut dapat berupa alamat email.

Konversi

  • Konversi: Untuk Anda yang ingin meningkatkan jumlah orang yang berbelanja dengan melakukan pembelian produk pada website Anda.
  • Penjualan katalog produk: Menampilkan iklan mengenai produk katalog Anda sesuai dengan target yang ditentukan.
  • Kunjungan toko: Jika Anda memiliki toko offline atau toko fisik, silakan pilih bagian ini untuk meningkatkan pelanggan mengunjungi toko Anda.

Atur Set Iklan

Tentukan nama set iklan Anda, pada contoh ini kami membuat nama Iklan Pertamaku.

Kunjungan – Di bagian kunjungan silakan pilih salah satu, kami memilih Situs Web atau Messenger.

Promo – Jika Anda ingin menambahkan promo, silakan aktifkan bagian Promo, dan pilih Pelajari selengkapnya untuk mempelajari lebih detail. Pada langkah ini kami tidak mengaktifkannya.

Pemirsa – Pada langkah ini silakan tentukan saja yang Anda inginkan untuk melihat iklan Anda.

Berikut adalah penjelasan detail mengenai Pemirsa dari iklan Anda nantinya, silakan disesuaikan dengan target yang sesuai dengan produk yang Anda miliki:

  • Pemirsa Khusus: Menariknya Facebook Ads terdapat fitur untuk menargetkan kepada siapa iklan Anda akan ditampilkan. Anda dapat menggunakan alamat email, nomor telepon, ID pengguna Facebook, atau ID pengguna aplikasi untuk membuat dan menyimpan pemirsa sebagai target iklan Anda.
  • Lokasi: Anda dapat menentukan lokasi dari targetMasukkan satu atau lebih banyak negara, negara bagian/wilayah, kota, kode pos, alamat, atau Designated Market Areas® untuk menampilkan atau mengecualikan iklan Anda kepada orang dalam lokasi ini. Penargetan lokasi belum tersedia di semua negara.
  • Umur: Jika produk yang akan Anda iklankan berdasarkan rentang usia tertentu, Anda dapat memilih target berdasarkan usia, misalnya orang dengan usia 18-35 tahun. Silakan disesuaikan dengan produk yang akan Anda iklankan. Butuh jasa Facebook Ads Solo? Segera hubungi Enxyclo.
  • Jenis Kelamin: Anda juga dapat menentukan iklan yang akan ditampilkan sesuai dengan jenis kelamin, jika produk khusus wanita berarti Anda dapat memilih pilihan khusus wanita saja atau sebaliknya. Selain itu juga dapat dipilih keduanya.
  • Bahasa: Jika Anda sudah memilih satu lokasi dengan bahasa yang sama, biarkan ini kosong kecuali pemirsa yang Anda targetkan menggunakan bahasa yang tidak umum digunakan di lokasi yang telah Anda pilih.
  • Penargetan Terperinci: Bagian ini untuk target iklan yang lebih rinci, seperti lokasi, minat, perilaku dan kategori lainnya. Silakan untuk memilih yang sesuai dengan produk yang Anda iklankan.
  • Koneksi: Pilihan ini berguna jika Anda ingin menampilkan iklan ke orang-orang yang sudah terhubung ke halaman, aplikasi atau acara Anda. Sehingga iklan Anda dapat dilihat oleh orang yang sudah pasti memiliki ketertarikan pada produk Anda. Ini akan mempersempit pemirsa Anda dengan menyertakan orang-orang yang hanya memiliki hubungan khusus tersebut, yang juga memenuhi kategori penargetan lainnya yang telah Anda pilih.

Penempatan – Untuk menentukan penempatan iklan Anda yang ingin ditampilkan, disini kami memilih Penempatan Otomatis. Untuk penempatan terdapat dua pilihan:

  • Penempatan Otomatis (Disarankan): Untuk pilihan ini Anda tidak perlu memilih dimana iklan Anda ingin ditampilkan, secara otomatis Facebook akan menampilkan iklan pada Plaform dengan kinerja paling baik, seperti pada Facebook, Instagram atau Audience Network.

Anggaran & Jadwal – Tentukan berapa banyak uang yang ingin Anda belanjakan, dan kapan Anda ingin iklan ditayangkan. Pada contoh ini kami menentukan anggaran harian sebesar Rp 25.000,- (harga minimal harian) selama 31 hari dengan total biaya iklan sebesar Rp 775.000,-. Silakan sesuaikan dengan anggaran yang Anda miliki.

 

Format, Halaman dan Tautan Iklan Format

Terdapat lima jenis format iklan yang dapat Anda pilih, yaitu sebagai berikut ini.

Karosel – Tampilan iklan dengan 2 atau lebih gambar atau video yang dapat digeser.

Gambar Tunggal – Tampilan iklan dengan 1 gambar.

Video Tunggal – Iklan dengan sebuah video.

Tayangan Slide – Iklan dengan gambar atau video slide hingga 10 gambar

Canvas – Iklan dapat berupa gabungan gambar dan video. Pada tutorial ini kami memilih Format

Karosel dengan gambar yang dapat digeser.

Teks – Pada bagian teks silakan diisi dengan deskripsi yang menjelaskan dari iklan Anda tersebut, sehingga orang yang melihat iklan Anda dapat memahaminya dengan mudah.

Destination – Halaman tujuan ketika iklan Anda di klik.

Gambar – Silakan pilih gambar yang sesuai dengan iklan yang akan Anda tampikan, Anda dapat memasukkan beberapa gambar yang nantinya dapat digeser ketika iklan tampil. Untuk tampilan iklan yang akan muncul, dapat Anda lihat di bagian samping kanan.

Judul – Silakan buat judul yang cukup menarik perhatian, sehingga iklan yang Anda buat maksudnya mudah dipahami.

Keterangan (Optional) – Jika produk yang Anda iklankan berupa barang yang akan dijual, dapat Anda tambahkan keterangan mengenai harga dan sebagainya.

URL Tujuan – Silakan masukkan URL dari halaman website yang ingin Anda promosikan.

Ajakan Bertindak (Optional) – Karena iklan pada tutorial ini bertujuan untuk mengiklankan Ebook untuk diunduh, maka untuk pilihan ini dipilih Unduh, silakan disesuaikan dengan iklan Anda.

Setelah itu silakan klik tombol Lakukan Pemesanan atau Anda dapat memilih Tinjau Pesanan untuk melihat ringkasan dari iklan Anda.

unggu Persetujuan dari Pihak Facebook Silakan tunggu proses review dari pihak Facebook untuk iklan Anda disetujui.

 

Manfaat Pixel Facebook

Ada beberapa manfaat utama yang bisa Anda dapatkan hanya dengan menggunakan Piksel Facebook.

  • Menjangkau Orang yang Tepat

Jangkau pelanggan baru, maupun orang-orang yang mengunjungi halaman tertentu serta melakukan tindakan di website Anda. Kemudian, Anda juga bisa membuat Lookalike Audiences untuk menjangkau orang-orang yang memiliki kemiripan dengan para pelanggan Anda.

  • Meningkatkan Penjualan

Buat penawaran otomatis untuk menargetkan orang-orang yang memiliki kemungkinan lebih besar melakukan tindakan seperti membeli produk Anda.

  • Ukur Hasil Iklan Anda

Temukan sendiri faktor penyebab kesuksesan iklan Anda dengan melihat hasilnya secara langsung. Anda bisa melihat laporan konversi serta penjualannya di sini. Setelah Anda berhasil memasang iklan di Facebook, hal yang cukup penting adalah melakukan retargeting atau hanya sekedar melacak pengunjung. Hal tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan Piksel Facebook.

 

Kesalahan Dalam Facebook Ads

1 – Tidak Memahami Objective dengan Baik

Kebanyakan orang beranggapan bahwa tujuan marketing adalah untuk meningkatkan penjualan. Padahal, tujuan marketing ada bermacam-macam.

Ada yang sekadar awareness, engagement, traffic, dan sebagainya. Dan semuanya sudah dibagi-bagi oleh FB Ads sesuai tujuan marketing kita.

facebook ads objective

Jadi, tujuannya memang berbeda-beda. Marketing kita misalkan bertujuan agar web lebih banyak pengunjung, video kita ditonton lebih banyak orang, atau meningkatkan awareness sehingga orang-orang tahu produk kita dan ujung-ujungnya membeli produk kita secara alami, dan masih banyak lagi. Butuh jasa Facebook Ads Solo? Segera hubungi Enxyclo.

Jadi, bila ingin agar orang-orang lebih banyak membeli, ya pakai Conversions. Kalau ingin orang-orang lebih banyak menonton video, ya pakai Video Views karena FB sudah mengelompokkan orang-orang yang suka menonton video pada objective tersebut.

Intinya, tentukan dulu semuanya sejak awal, agar iklan kita di FB Ads terkonsep dan tepat sasaran.

2 – Bias mengenai Marketing dan Selling

Prinsip terjadinya penjualan adalah Audiences and Offer Match, alias kesesuaian antara orang-orang dan penawaran itu sendiri. Kata kuncinya: Apa yang kamu tawarkan dan kepada siapa kamu menawarkan.

Pada bagian inilah, kamu harus memahami target marketmu secara spesifik. Lalu, gunakan image/video yang kreatif serta copywriting yang powerful, lalu kasih CTA menuju landing page yang lebih memberikan penjelasan dan CS yang bisa dihubungi.

Di Indonesia, sisi sales tidak terjadi hanya karena kita menguasai FB ads saja. Kita menambahkan satu elemen lagi, yakni Customer Service. Di mana CS inilah yang akan berkomunikasi dengan pelangganmu dan berusaha untuk melakukan closing.

Konsep FB Ads selalu sama: Campaign, Ad Set, dan Ad.

Kita bisa mengontrol pada bagian Campaign dan Adset, akan tetapi tidak pada Ad. Mengapa? Karena setiap produk atau jasa yang kita tawarkan memiliki nilai jual dan value yang berbeda-beda, di mana untuk meningkatkan peluang terjadinya penjualan, adalah berbeda antara satu produk dengan yang lain. Belum lagi, bila CS-nya belum kita latih, sehingga peluang untuk closing menjadi sedemikian sedikit. Artinya, ada satu variabel celah kerugian yang harus kita perhatikan sejak awalnya.

3 – Galau pada FB Ads Update padahal Fundamentalnya Tak Pernah Berubah

Fokuslah pada hal fundamental yang bisa kita kontrol, bukan bagaimana FB meng-update algoritmanya. Karena fundamentalnya selalu sama. Bahkan, FB Ads cenderung mengubah baik mayor maupun minor, ya demi kita para advertiser agar lebih mudah. Butuh jasa Facebook Ads Solo? Segera hubungi Enxyclo.

4 – Men-judge Tanpa Data yang Cukup

Jangan berbisnis berdasarkan asumsi. Gunakanlah data. Tapi, yang perlu diingat, untuk mendapatkan data, butuh biaya dan waktu. Melakukan sesuatu yang presisi butuh pengetahuan dan pengalaman, bukan asumsi. Messi bisa kelihatan mudah mencetak gol bukan berlatih sehari-dua hari. Menjadi seorang pengiklan FB Ads yang andal butuh latihan dan pengalaman serta pengetahuan.

Intinya, Facebook Ads menawarkan kemudahan beriklan di media sosial. Bahkan, tanpa keahlian pemasaran sebelumnya pun Anda bisa memasang iklan dengan mudah.

 

Baca Juga: Jasa Instagram Marketing Solo

 

Soal budget, Anda tidak perlu khawatir. Budget atau anggaran yang Anda alokasikan bisa Anda tentukan sendiri sesuai kebutuhan. Kampanye iklan yang Anda buat bisa menargetkan siapa pun yang menggunakan Facebook. Butuh jasa Facebook Ads Solo? Segera hubungi Enxyclo.

Siapapun, baik itu berdasarkan umur, demografi, maupun hobi atau kesukaan tertentu. Meskipun demikian, kami menyarankan Anda untuk tidak hanya mengandalkan Facebook Ads saja sebagai satu-satunya cara andalan pemasaran online Anda. Masih banyak channel lain yang juga perlu Anda kembangkan, misalnya email marketing, content marketing, maupun affiliate marketing.[]

1 komentar untuk “Jasa Facebook Ads Solo: Strategi Jitu Meledakkan Omset Bisnismu!”

  1. Ping-kembali: Advertising Agency Solo Terbaik dan Tepercaya – ENXYCLO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.