ENXYCLO

Branding & Digital Marketing Agency

Rahasia Sukses WalMart Hingga Mendunia!

walmart

Rahasia Sukses WalMart – Rahasia ini dipaparkan oleh Sam Walton, pemilik retail raksasa dari Amerika, yakni WalMart. Apa sajakah rahasia membangun perusahaan yang sukses versi dari Sam Walton? Mari ktia simak.

1. KOMIT kepada bisnis Anda

Percaya padanya lebih dari siapa pun. Sam pikir dia melampaui siapapun dalam mengatasi hambatan dengan passion yang dibawanya ke pekerjaan.

Sam meyakini jika seseorang sangat menyukai pekerjaannya maka orang tersebut akan melakukan yang terbaik yang bisa dilakukannya setiap hari, dan dalam waktu singkat setiap orang di sekitarmu akan tertular kecintaan yang sama.

2. BERBAGI keuntungan dengan semua rekanan, perlakukan mereka seperti mitra.

Sebagai balasannya mereka memperlakukan Anda sebagai mitra, dan bersama-sama mereka akan tampil melampaui harapanmu yang paling liar sekalipun.

Tetap sebagai pemilik dan mempertahankan kontrol tetapi bertindaklah sebagai pemimpin yang melayani dalam kemitraan.

Dorong rekanan Anda untuk memegang saham perusahaan. Tawari mereka saham dengan harga diskon dan berikan jaminan hari tua dalam bentuk saham. Itu adalah hal terbaik yang pernah dilakukan Wal-Mart bagi rekanannya.

3. MOTIVASI rekanan Anda.

Uang dan kepemilikan saham saja tidak cukup. Secara tetap, hari demi hari, pikirkan hal baru dan cara-cara yang lebih menarik untuk memotivasi dan menantang rekanan Anda.

Tetapkan target tinggi, dorong kompetisi. Buat taruhan dengan imbalan yang sangat bagus. Jika sesuatu menjadi basi, tukar kutubnya, perintahkan manager berganti posisi dengan manager lain untuk tetap tertantang.

Buat setiap orang menebak-nebak apa yang akan terjadi berikutnya. Jangan mudah ditebak.

4. KOMUNIKASIKAN segala hal yang bisa Anda lakukan kepada rekanan Anda.

Semakin mereka tahu semakin mereka mengerti. Semakin mereka mengerti semakin mereka peduli. Sekali mereka peduli maka tidak ada yang bsia menghentikan mereka.

Jika Anda tidak percaya kepada mereka maka mereka tahu bahwa Anda tidak memperlakukan mereka sebagai mitra. Informasi adalah kekuatan, dan manfaat dari memperkuat rekanan Anda dengan informasi lebih baik daripada resiko kebocoran informasi ke pesaing Anda.

5. HARGAI segala sesuatu yang dilakukan rekanan Anda untuk perusahaan.

Pembayaran gaji dan opsi saham membeli satu bentuk kesetiaan. Tetapi semua dari kita suka bila seseorang mengatakan betapa dia menghargai untuk sesuatu yang kita lakukan untuknya.

Kita suka mendengarnya sesering mungkin khususnya sesuatu yang sangat membanggakan kita. Tidak ada yang bisa menggantikan beberapa hal yang terpilih dengan baik, waktu yang tepat, kata pujian yang tulus. Semuanya itu gratis tetapi harganya tak ternilai.

6. RAYAKAN keberhasilan-keberhasilan Anda.

Coba belajar mentertawai kegagalan Anda. Jangan perlakukan diri Anda terlalu serius. Rilekslah dan orang-orang sekitar Anda akan rileks. Bergembiralah.

Selalu tunjukkan antusiasme. Ketika semuanya gagal, gunakan kostum dan nyanyilah lagu yang konyol. Lalu ajak semua orang bernyanyi bersama Anda.

Jangan menari hula di Wall Street karena hal itu sudah dilakukan. Pikirkan sesuatu yang baru, Semuanya akan lebih penting, lebih gembira dari yang Anda pikirkan.

 

walmart

7. DENGARKAN setiap orang di dalam perusahaan.

Temukan cara membuat mereka bicara. Orang yang berada di garis terdepan-mereka yang benar-benar bicara kepada pelanggan-yang mengerti apa yang sesungguhnya terjadi. Sebaiknya Anda cari tahu apa yang mereka ketahui. Inilah hakikat dari kualitas total yang sebenarnya.

Untuk mendorong tanggung jawab sampai ke bawah organisasi, dan mendorong ide-ide baik muncul ke permukaan Anda harus mendengar apa yang rekanan Anda coba sampaikan ke Anda.

8. LAMPAUI harapan pelanggan Anda.

Jika Anda lakukan itu maka mereka akan datang kembali dan kembali lagi. Berikan apa yang mereka mau dan sedikit lebih banyak. Biarkan mereka tahu bahwa Anda menghargainya. Ambil kebaikan dari setiap kesalahan Anda dan jangan membuat alasan-mintalah maaf.

Bertanggungjawablah untuk setiap yang Anda lakukan. Dua kata paling penting yang dituliskan Sam di papan nama Wal-Mart yang pertama adalah: “Kepuasan Dijamin”. Tulisanitu masih tertempel di sana dan mereka telah membuat perbedaan.

9. KONTROL biaya-biaya Anda lebih baik dari yang dilakukan kompetitor Anda.

Inilah adalah cara menemukan keunggulan bersaing. Selama 25 tahun menjalankan perusahaan jauh sebelum Wal-Mart menjadi peritel nasional terbesar-Wal-mart sudah menjadi peringkat pertama sebagai yang paling rendah dalam hal rasio biaya terhadap penjualan.

Anda bisa membuat banyak kesalahan berbeda dan masih mampu menutupinya jika Anda beroperasi secara efisien. Sebaliknya Anda bisa jadi sangat brilian namun tetap gagal dalam bisnis jika Anda sangat tidak efisien.

10. BERENANG melawan arus.

Pergilah ke arah yang berbeda. Abaikan kearifan konvensional yang biasa-biasa. Jika semua orang melakukan hal yang sama maka akan ada kesempatan bagus mendapatkan ceruk pasar dengan melakukan arah yang berlawanan namun bersiaplah digoyang oleh orang-orang yang mengatakan bahwa Anda menuju arah yang salah.

Sam memperkirakan, yang dia dengar paling sering daripada apapun juga adalah pernyataan bahwa:kota kecil kurang dari 50.000 penduduk tidak bisa mendukung sebuah toko diskon untuk waktu lama.

Inilah aturan Sam yang sangat biasa, beberapa mengatakannya terlalu sederhana. Memang sederhana, karena bagian tersulitnya adalah secara konstan menemukan cara untuk melakukannya. Anda tidak bisa sukses dengan hanya melakukan satu kali, karena segala sesuatu di sekeliling Anda selalu berubah. Untuk berhasil Anda harus selalu berada di depan perubahan itu.

Jangan lupa hubungi Enxyclo untuk Jasa Digital Marketing Solo. []

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected!