peluang bisnis online

14 Peluang Usaha Online Terbaik dan Paling Menghasilkan

PELUANG USAHA ONLINE — Di erat internet seperti sekarang ini, tentu suatu hal yang bodoh bila kita tidak memanfaatkan internet untuk mencari uang. Nah, di sinilah Enxyclo membuat artikel ini, yakni untuk memberikan gambaran yang luas kepada Anda, bahwa ada banyak cara untuk mendapatkan uang — yang bahkan dengan modal sangat-sangat minim dan beberapanya bahkan memiliki modal nol rupiah — yang bisa Anda lakukan dan wujudkan mulai sekarang.

1 — Peluang Usaha Online Lewat Google Adsense

Pada dasarnya, peluang usaha online lewat Google Adsense adalah model bisnis yang membutuhkan kesabaran. Bagaimana tidak, Anda harus membuat blog terlebih dahulu, lalu mengisinya dengan konten-konten berbasis keyword. Dengan begitu, traffic blog Anda akan naik dan Anda akan mendapatkan pendapatan dari Google Adsense tersebut.

Apa itu Adsense? Yaitu sebuah program dari Google dengan nama lengkapnya adalah Google Adsense, yang ingin mendapatkan tambahan uang dari internet dengan cara memasang iklan di blog mereka. Cara kerjanya adalah: iklan yang diberikan oleh Google Adsense ke blog Anda adalah iklan-iklan yang berhubungan dengan konten dari blog Anda tersebut. Untuk mengikuti program ini adalah gratis, sehingga siapapun dapat mendaftarkan blognya. Akan tetapi, Google berhak menentukan siapa yang bisa menjadi rekanannya dan siapa yang tidak.

Darimana dapat duitnya? Banyaknya penghasilan Anda nantinya bergantung kepada kesesuaian isi blog Anda dengan iklan, banyaknya klik pada iklan tersebut, dan peraturan lainnya. Intinya, semakin traffic Anda besar, akan semakin besar pula pendapatan Anda.

Beberapa peraturan dari Google Adsense yang perlu Anda tahu adalah: (1) Jangan pernah mengklik link iklan Adsense Anda sendiri. Nggak usah curang, deh. Google is smarter than you, of course; (2) Jangan menyuruh orang lain untuk mengklik iklan yang ada di blog Anda, biarkan berjalan natural saja; (3) Jangan memasang Adsense di blog dengan konten dewasa dan penuh kekerasan; (4) Jangan juga memasang Adsense di blog yang nggak ada isinya.

Nah, itulah pengetahuan dasar yang perlu Anda tahu. Sedangkan beberapa trik agar berhasil di bisnis Google Adsense adalah:

  • Miliki mindset bahwa membuat blog dan memonetizing-nya lewat Adsense adalah investasi jangka panjang, yang mungkin baru akan Anda nikmati dua atau tiga tahun kemudian. Jadi, jangan berharap banyak untuk menikmatinya dalam waktu dekat. Akan tetapi, sekali Anda menikmati hasilnya, Anda akan mendapatkan puluhan bahkan ratusan juta rupiah. Jadi, milikilah mindset untuk bersabar dan punyailah motivasi yang bagus, ya.
  • Jadilah berbeda. Menjadi sedikit berbeda itu lebih baik daripada menjadi sedikit lebih baik. Caranya misalnya adalah membuat konten yang dibutuhkan pembaca dengan sedikit sentuhan personality Anda sendiri. Atau, memasukkan unsur canda dalam setiap postingan Anda. Intinya, jadilah unik dan sesuai dengan gaya Anda sendiri, sehingga orang mudah mengenali bahwa itu adalah konten Anda. Sapi yang berwarna ungu akan lebih kelihatan di tengah belantara sapi berwarna putih dan hitam, bukan? Teknik ini diajarkan oleh Seth Godin.
  • Jangan membahas apa yang sudah dibahas oleh ribuan blogger lainnya. Misalkan kata kunci “peluang usaha modal kecil”. Kata kunci itu sudah dibahas ribuan blogger dan isinya yang itu-itu saja. Jika memang harus membahas hal tersebut, carilah sudut pandang yang lainnya yang lebih unik dan kalau bisa: lebih unik, lebih lengkap, lebih bagus, dan lebih keren.
  • Pertahankan audiens. Mendapatkan traffic besar bisa diupayakan dengan lebih mudah asalkan kita membuat konten yang memang benar-benar bermutu. Akan tetapi, mengusahakan agar audiens balik lagi ke blog kita adalah pekerjaan lain yang membutuhkan sentuhan strategi yang lebih bagus. Buatlah konten yang ingin dibaca oleh manusia, bukan robot. Sajikan gaya bahasa yang enak, elemen grafis yang mendukung, dan hal-hal yang membuat pembaca menjadi nyaman untuk menikmati konten yang kita buat.
  • Jangan lupa berpromosi. Membuat konten berkualitas membutuhkan waktu. Berpromosi membutuhkan strategi tertentu. Jadikan kedua hal tersebut seimbang, ya. Beberapa cara berpomosi yang asyik adalah sebagai berikut: (1) Bergabunglah ke Facebook Group tertentu, dan sesekali postinglah artikel dari blog Anda; (2) Guest post ke beberapa media yang sudah memiliki banyak audiens; (3) Gunakan sedikit bujet untuk mengiklankan artikel kita di FB Ads; (4) Pastikan konten Anda SEO friendly dan teroptimasi dengan baik; (5) Buatlah artkel hasil interview, karena bisanya menarik banyak pengunjung apalagi bila sumbernya terkenal; dan (6) Perbanyak artikel berupa sharing opini dan pengalaman pribadi, karena jenis konten seperti ini lebih menarik pembaca.
  • Tawarkan value tertentu ke pembaca. Jangan berharap mendapatkan traffic bagus kalau Anda tidak menawarkan value apa pun ke pembaca.
  • Terakhir, konsisten dan fokus. Percayalah, tak ada yang bisa mengalahkan kedua hal tersebut, karena memang hanya itulah syarat terbesar untuk sukses.

Situs-situs besar seperti Wikihow, bahkan seratus persen mendapatkan labanya hanya dengan memasang Google Adsense! Dan jumlah pendapatannya bukan lagi puluhan juta atau ratusan juta, akan tetapi — bila dirupiahkan — sudah miliaran rupiah! Silakan membaca cerita tentang perjalanan bisnis Wikihow di SINI.

Bagaimana, sudah tercerahkan? Selamat berbisnis Google Adsense, ya

2 — Peluang Usaha Online dengan Cara Membuat Blog Lalu Menjual Ebook Buatan Anda Sendiri

Masih bingung dengan contoh tersebut? Misalkan begini. Saya membuat website dengan nama saya sendiri dengan domain fachmycasofa.com. Nah, di website tersebut, selain saya menulis konten-konten tentang dunia penulisan, penerbitan, dan digital marketing, saya juga membuat sebuah halaman untuk berjualan ebook.

Tak banyak, hanya satu saja, yakni ebook dengan judul Penulis Pemula Menaklukkan Penerbitan. Di sinilah saya membuat landing page yang akan membuat pengunjung tak kuasa untuk menolak ebook tersebut. Ebook tersebut saya jual Rp110.000 saja. Tak usah mahal-mahal, karena saya mengejar faktor kalinya. Bayangkan bila ebook yang hanya berharga Rp110.000 dibeli oleh sebanyak 500 orang, maka tinggal kalikan saja. Bagaimana bila dalam satu hari terjual sebanyak 10 saja, maka kalikan dengan 30 hari dan satu tahun.

Nah, itulah caranya. Anda membuat website, lalu menjual ebook Anda sendiri di sana. Gampang, kan?

3 — Peluang Bisnis Online dengan Menjual Konten Premium

Idenya adalah begini. Anda membuat blog, lalu mengisinya dengan konten-konten bermutu. Katakanlah jumlahnya sekitar 20 konten. Lalu, Anda juga membuat konten yang lebih lengkap, lebih panjang pembahasannya, dan lebih baik daripada konten yang Anda gratiskan tersebut.

Lalu, bila audiens ingin membaca konten spesial nan premium tersebut, audiens harus membayar sejumlah uang tertentu.

Dengan model bisnis seperti ini, Anda juga secara otomatis membangun passive income. Bayangkan, Anda hanya membuat konten sekali, dan berkali-kali orang akan rela membayar Anda untuk membaca konten premium tersebut.

Menarik, bukan? Tertarik mencoba? Atau, kalau masih bingung, bisa tinggalkan opininya di kolom komentar atau menghubungi kami untuk brainstorming. Kami sangat terbuka, kok.

4 — Peluang Bisnis Online dengan Cara Menjual Sponsored Post

Suatu hari, saya dihubungi oleh seseorang lewat email yang menanyakan apakah saya bersedia untuk memposting artikel yang telah mereka buat dan artikel itu diposting di blog saya. Sebagai gantinya dari ketersediaan saya, mereka membayar Rp200.000 untuk satu artikel.

Karena artikelnya hanya berupa artikel pendek tentang potensi wisata daerah tertentu dengan iklan sebuah hotel yang terselubung di dalam artikel tersebut, saya mengiyakan, karena lumayan uang yang didapat.

Nah, hal itu juga bisa menjadi sebuah inspirasi dari peluang bisnis online. Makanya, Anda memang harus bikin blog, agar bisa digunakan untuk banyak hal.

Untuk sebuah blog dengan traffic yang lebih tinggi dan audiens yang lebih banyak, pasti memiliki harga yang lebih tinggi.

5 — Peluang Usaha Online dengan Cara Paid Review

Nah, berbeda dengan artikel yang sudah disediakan di atas sebagai sponsored post, suatu hari saya juga dihubungi oleh tim marketing dari sebuah hotel terkenal di Solo yang menanyakan kesediaan saya untuk menginap di hotel mereka secara gratis dan sebagai gantinya saya mendapatkan uang saku dan harus menuliskan review selama menginap di hotel tersebut di blog. Maka, jadilah postingan INI.

Nah, enak, kan.

6 — Peluang Usaha Online dengan Membuat Theme WordPress dan Menjualnya Lewat Idaff & ThemeForest

Untuk Anda yang jago ngoding dan mendesain sebuah website, manfaatkanlah kesempatan tersebut untuk membuat theme WordPress. Peluangnya sangat besar, karena setiap orang sekarang ingin memiliki website, entah itu berupa blog maupun toko online, dan rata-rata menggunakan WordPress.

Teman saya, Mas Andra Yogi, membuat theme WordPress khusus untuk toko online yang terasa lokal dan khas Indonesia yang bernama Cepatlakoo. Theme ini laris-manis. Bayangkan saja, satu theme-nya dijual dengan harga Rp499.000 dan pembelinya lebih dari 500 orang hanya dalam waktu satu minggu ketika dibuka penjualannya. Tinggal kalikan saja, ya!

Akan tetapi, untuk memasuki industri ini, Anda juga harus pintar memilih theme WordPress seperti apa yang sekiranya dibutuhkan oleh banyak orang dan akan digunakan oleh banyak orang. Salah satu kecerdasan itu adalah sebagaimana yang dicontohkan oleh Mas Andra Yogi dengan theme Cepatlakoo-nya tersebut. Dengan pasar olshop yang sedang menjamur, makanya theme ini menjadi primadona dan banyak digunakan oleh para olshopper.

Mas Andra Yogi menjualnya lewat Idaff. Apakah Anda tahu apa itu Idaff? Idaff adalah sebuah marketplace lokal alias bikinan anak Indonesia (founder-nya adalah Sunil Tolani, teman baik saya) yang memiliki pasukan affiliate marketer. Artinya begini: ketika kita memasukkan produk (biasanya berupa produk digital) ke Idaff, maka secara otomotas akan dihubungkan kepada affiliate marketer yang sudah mendaftar menjadi rekanan mereka.

Dengan kata lain, kita tinggal memasukkan barang, dan BOOM! Kita menunggu untuk mendapatkan laporan penjualan. Mudah, kan? Lalu, darimana untungnya Idaff.com? Dengan mengambil selisih beberapa persen dari setiap produk yang terjual. Adil, kan?

Untuk marketplace luar yang menjual theme WordPress adalah ThemeForest. Anda bisa memanfaatkan marketplace ini untuk berkreasi sebanyak mungkin menciptakan theme WordPress. Ada begitu banyak variannya, seperti website untuk blog, toko online, portofolio, perusahaan, dan sebagainya. Semuanya ada penggemarnya sendiri-sendiri. Dan terpenting, marketplace seperti ThemeForest ini memiliki pangsa pasar seluruh dunia! Dan terpenting, bayarannya dolar! Jadi, ketika kurs dolar naik atas rupiah, ya Anda malah ikut untung. Enak, kan? Selain itu, berpotensi besar menjadi kanal passive income Anda karena hanya perlu membuat theme sekali, dan pembelinya berkali-kali! Itulah enaknya menjual produk digital yang digunakan oleh banyak orang.

Tertarik mencoba?

7 — Peluang Usaha Online dengan Menulis

Jangan salah, walaupun menulis ini adalah kemampuan yang kelihatannya biasa-biasa saja, sebenarnya memiliki potensi income yang besar. Banyak sekali peluang dari kemampuan menulis ini. Untuk memperdalamnya, ada beberapa hal yang perlu kamu pelajari, yakni kemampuan menulis dan kemampuan editing. Dengan mempelajari kedua hal tersebut, kamu akan memiliki kemampuan merangkai kata yang baik.

Lalu, di manakah kemampuan ini bisa dimanfaatkan?

(a) Membuka jasa penulisan artikel konten website

Jadi begini. Perusahaan-perusahaan itu, mereka butuh artikel di bagian blog dari website mereka. Nah, mereka tidak mungkin mengerjakan itu sendiri. Mereka butuh penulis. Bayarannya lumayan, loh. Anda bisa melihat contohnya DI SINI. Mulai dari Rp130-an ribu per artikel hingga mencapai Rp1.5 juta!

(b) Membuka jasa penulisan biografi

Wah, terlalu berlebihan? Tidak. Jasa penulisan biografi ini pasarnya banyak dan duitnya gede semua. Uniknya, bisa dilakukan sebagai usaha sampingan! Coba lihat contoh jasa penulisan biografi ini. Uang yang dihasilkan bisa mencapai puluhan juta! Padahal, cuman modal wawancara dan menulis doang, loh!

Nah, dalam ranah usaha sampingan penulisan biografi ini, ada tiga jenis, yakni

Biografi, yakni kisah hidup yang ditulis mengenai suatu profil sejak lahir hingga meninggalnya. Penulis kisah hidup biografi dituntut memiliki kemampuan menarasikan runtutan cerita yang tetap enak dibaca walau berdasarkan data-data yang luar biasa banyak. Kemampuan untuk mengemas hasil akhir konten keseluruhan, baik teks, foto, maupun kesan-kesan dari para sumber tambahan untuk ditambilkan sebagai testimoni juga turut menjadi perhatian.

Autobiografi, yaitu menyajikan kisah hidup sejak lahir hingga masa sekarang. Pada kisah hidup genre ini, saya akan lebih fokus dalam pengembangan narasi struggling tokoh terkait dan value of life apa yang bisa dihadirkan untuk pembelajaran bagi pembaca.

Memoar, yaitu cerita tentang tokoh kala berada pada jabatan tertentu atau posisi penting tertentu sehingga layak untuk dikisah hidupkan dalam bentuk buku. Kiprahnya yang hanya dalam beberapa tahun tersebut disajikan untuk memberikan keterangan tentang keadaan sebenarnya kepada publik apa saja yang telah dilakukannya, atau untuk memberikan informasi penting yang bisa jadi selama ini bertolak belakang dengan apa yang sudah diberitakan di media.

Tujuan dari dituliskannya kisah hidup dalam beragam genre tadi beragam, ada yang hanya untuk konsumsi lingkungan keluarga dan orang-orang terdekat saja dan dibagikan ketika momen penting seperti ulang tahun pernikahan, ulang tahun keluarga besar, atau yang lainnya. Akan tetapi, ada juga yang untuk digulirkan kepada publik. Namun, semua memiliki satu kesamaan: yakni berbagi nilai hidup dan pelajaran apa yang bisa diambil bersama.

( c) Bergabung ke marketplace yang membutuhkan jasa penulis

Seperti SRIBULANCER atau PROJECTS.CO.ID. Di sana banyak yang membutuhkan artikel-artikel untuk website mereka. Bahkan, ada yang sekali project langsung memberikan orderan hingga 40-an artikel. Kalau satu artikel dibayar misalkan Rp50.000, maka kalikan saja 40. Sudah cukup sebagai usaha sampingan, bukan? Di samping itu, Bila kamu ingin menekuni usaha sampingan sebagai jasa penulis website apalagi yang mengandalkan SEO, maka yang harus kamu pelajari adalah tentang SEO dan cara merangkai kata yang baik.

8 — Peluang Usaha Online dengan Desain Grafis

Punya kemampuan mengoperasikan software desain seperti CorelDraw, Adobe Photoshop, Adobe InDesign, atau Adobe Illustrator? Nah, pergunakan kemampuan tersebut untuk membuka jasa desain grafis. Hasilnya malah bukan kategori lumayan, namun memiliki income yang besar loh, walau hanya membutuhkan kemampuan mendesainmu. Status kliennya memang bukan kelas kakap yang akan membayarmu ratusan juta, akan tetapi cukuplah untuk menutup biaya gaya hidupmu dalam sebulan. Sebagai contoh penawaran jasa desain grafis, bisa kamu tengok DI SINI. Coba lihat, hasilnya lumayan kan sebagai usaha sampingan? Bahkan, berpotensi menjadi bisnis utama kalau kamu berencana resign dalam waktu dekat.

Cara pemasaran dari usaha sampingan ini aadlah sebagai berikut:

  • Iklanlan lewat media sosial. Instagram dan Facebook paling efektif karena memberikan porsi untuk iklan visual yang besar.
  • Bergabung ke marketplace untuk freelancer. Untuk yang lokal ada di Sribulancer dan Projects. Sedangkan untuk luar negeri ada 99Design dan Fiverr.
  • Buatlah website yang memuat portofoliomu.
  • Buat akun Instagram yang khusus untuk mengunggah hasil karyamu.
  • Konsistenlah dalam berkarya dan menghasilkan produk yang berkualitas. Hasil selalu menyesuaikan usaha yang kamu gulirkan.

9 — Peluang Usaha Online dengan Dropship

Nah, inilah jenis usaha sampingan tanpa modal yang bisa menghasilkan income besar juga yakni dropship. Sebutan lain untuk bisnis ini adalah “reseller tanpa modal”. Iya, beneran. Bisnis ini memang konsepnya “tanpa modal”.

Makanya, dalam usaha sampingan tanpa modal, bisnis dropship perlu saya masukkan karena peluangnya sangat besar namun menghasilkan income yang tak sedikit dan relatif mudah dilakukan oleh siapa saja, baik mahasiswa maupun ibu-ibu rumah tangga. Hal ini tak lain dan tak bukan karena adanya internet yang makin memudahkan kita untuk melakukan promosi dengan sangat murah dan tertarget.

Pada dasarnya, seorang dropshipper adalah seorang perantara. Tugasnya adalah mempertemukan antara supplier alias pemilik barang dengan calon buyer atau calon pembeli.

Semudah itu dan sesimpel itu.

Jadi, tugas Anda hanyalah mencari supplier yang melayani sistem dropship, kemudian tugas Anda hanyalah mencari calon pembeli, yang bisa Anda lakukan lewat Instagram, Facebook, WhatsApp, Line, dan media sosial lainnya. Murah, mudah, dan menguntungkan!

Bayangkan, Anda bisa berjualan online tanpa harus memiliki stok di tempat Anda. Barang akan dikirimkan oleh supplier kepada pembeli dan dikirimkan atas nama pengirimnya adalah Anda! Tanpa Anda repot mengepak pesanan, tanpa repot mengirim sendiri, semua sudah diurusi oleh supplier Anda. Tugas Anda hanyalah mencari pembeli yang semuanya bisa Anda lakukan bahkan sambil selonjoran di kamar atau sambil nonton drama Korea kesukaan. Yah, Anda hanya perlu mencari calon pembeli lewat media sosial! Mudah, murah, dan yah, menguntungkan banget!

Banyak orang telah berhasil mencicipi lezatnya bisnis model ini. Bahkan, kini sudah bukan rahasia lagi, jika seorang ibu rumah tangga bisa menghasilkan 3 sampai 5 jutaan profit bersih per bulan, dan itu dilakukannya hanya menggunakan smartphone dari rumah.

Masa’ Anda tidak tertarik?

10 — Peluang Usaha Online dengan Menjadi Tutor Online

Ada juga usaha sampingan tanpa modal yang menghadirkan guliran income besar, yakni menjadi tutor online. Intinya, Anda menjual kemampuan Anda dan mengajarkan kepada orang lain. Misalkan, Anda memiliki kemampuan menulis, nah bisa membuka kelas menulis online. Misalkan Anda suka fotografi, bisa membuka kelas fotografi dan mengajarkannya secara online. Beberapa platform lokal yang bisa Anda jadikan lokasi untuk menjadi tutor online adalah:

11 — Peluang Usaha Online dengan Menjadi Fotografer Freelance & Jualan Foto

Kamu pasti beranggapan bahwa menjadi fotografer harus MEMILIKI alat fotografi yang harganya selangit, padahal menjadi mahasiswa yang melakukan usaha sampingan justru ingin mendapatkan uang tambahan, bukannya beban hidup tambahan lewat utang. Iya, kan?

Nah, sebenarnya, menjadi fotografer freelance selama masih menjadi mahasiswa tak semengerikan itu. Siapkan saja beberapa berikut ini:

  • Paling pertama yang harus kamu punya adalah skill. Tak harus skill “dewa” seperti Arbain Rambey. Terpenting, kamu memiliki pengetahuan tentang jenis lensa dan kegunaannya, pencahayaan ketika memotret, angle ketika mengambil jepretan, dan hal-hal basic lainnya.
  • Kedua, tawarkan jasamu kepada orang-orang. Siapkan kartu nama ataupun website dan media sosial khusus untuk usaha sampinganmu ini.
  • Ketiga, ketika ada project, kamera bisa pinjam di persewaan kamera. Nah, banyak kan persewaaan kamera. Sebelum mengiyakan tawaran project tersebut, estimasi terlebih dahulu biaya produksi yang kamu habiskan, seperti sewa kamera, biaya transportasi, editing foto, dan sebagainya.
  • Keempat, bila kamu memiliki portofolio akan semakin baik. Hal itu tentu saja untuk menunjukkan kepada klien seberapa jauh kualitasmu.

Ada wejangan yang sangat menarik dari InfoFotografi terkait kamu yang ingin masuk ke usaha sampingan fotografi ini:

Jangan bersaing dengan harga karena selalu ada fotografer yang lebih murah dari kita, lebih baik bersaing dengan kualitas produk dan layanan.

Berapakah duit dari freelance fotografer ini, walaupun kamu masih mahasiswa? Ada tulisan menarik dari Fotodeka yang menerangkan soal ini. Walaupun kasusnya untuk harga di Jogja, tapi nggak masalah, ya. Bisa menjadi bayangan berapa duit yang akan kamu dapat dari menekuni freelance fotografi ini walau masih menjadi mahasiswa. Pemaparan lain yang juga menarik mengenai pemasangan tarif ini ada di artikel INI.

Ada cara lain lagi untuk mendapatkan uang tambahan dari usaha sampingan memotret ini, yakni dengan menjual hasil jepretanmu ke marketplace fotografi, seperti:

Sedangkan jika ingin selalu up to date dengan informasi seputar fotografi, bisa menyimak akun-akun Twitter berikut: @stageID, @irockumentary, @fotografernet, @fotokitanet, @ilightthis.

12 — Peluang Usaha Online dengan Menjadi Penerjemah

Menguasai bahasa asing adalah keunggulan tersendiri. Oleh karena itulah, seharusnya sejak mahasiswa kamu mulai belajar bahasa asing, seperti bahasa Inggris, Arab, atau China, karena tiga bahasa tersebut banyak sekali digunakan dan juga dibutuhkan, sehingga kamu bisa mendapatkan uang 14 — Peluang Usaha Online dengan Menjadi dari usaha sampingan sebagai penerjemah.

Nah, misalkan dalam contoh menjadi penerjemah bahasa Inggris, kamu bisa menawarkan kemampuan tersebut. Cara paling sederhana adalah dengan menghubungi suatu penerbit dan menawarkan diri menjadi penerjemah buku. Biasanya, penerbit kan menerbitkan buku dari penerbit luar negeri, nah tentu mereka membutuhkan penerjemah. Saat melamar freelance sebagai penerjemah ini, jangan lupa sertakan contoh hasil terjemahanmu, ya.

Lalu, berapa biaya yang harus kamu patok? Kamu bisa menerapkannya berdasarkan tiga kategori utama.

  • Satu, berdasarkan jumlah kata.
  • Dua, berdasarkan jumlah halaman.
  • Tiga, berdasarkan sistem borongan. Biasanya sistem ini digunakan untuk proyek penerjemahan yang jumlahnya cukup banyak dan berulang.

Nominalnya sesuaikan saja dengan kemampuanmu. Bila kamu yakin dan pede, bisa mengajukan harga yang agak tinggi. Akan tetapi, bila hanya untuk sebagai usaha sampingan yang biasa aja, bisa menggunakan “harga kawan”. Toh, kamu masih menjadi mahasiswa, sehingga hal ini bisa menjadi portofolio kami nantinya bila menjadi penerjemah profesional.

Untuk informasi lainnya mengenai jasa penerjemahan ini kamu bisa menuju websiteHimpunan Penerjemah Indonesia. Ada banyak informasi menarik di sana mengenai jasa penerjemahan.

13 — Peluang Usaha Online dengan Menjadi Affiliate Marketer

Inti dari pekerjaan seorang affiliate marketer adalah Anda menjualkan barang orang, dan Anda mendapatkan komisi dari penjualan tersebut. Misalkan, dari satu penjualan produk Anda mendapatkan komisi Rp100.000, bayangkan bila dalam satu minggu Anda berhasil menjualnya sebanyak 500 produk saja.

Beberapa tempat di mana Anda bisa mendaftarkan diri untuk bisnis ini adalah:

Di ranah lokal, ada IDAFF dan RATAKAN yang bisa menjadi tempat Anda mendaftarkan diri sebagai affiliate marketer.

14 — Peluang Usaha Online dengan Membuat Toko Online Sendiri

Nah, ini paling penting. Misalkan nih, saya membuat toko online jualan kaos. Mungkin Anda bertanya, “Ngapaian repot-repot bikin toko online sendiri? Kan bisa jualan di Tokopedia atau Bukalapak?”

Nah, itulah bedanya. Saat kita berjualan di toko online sendiri, kita bisa membuat brand dari bisnis kita menjadi lebih kuat. Hal itu dimulai dari pembelian domain sendiri yang lebih brandable. Selain itu, kita memiliki kontrol penuh, seperti bisa menyetting format pembayaran, menjaring email dari pengunjung dan pelanggan, dan kontrol-kontrol penting lainnya. Kontrol penuh memiliki tingkat urgensitas yang tinggi dalam sebuah bisnis.

Bagaimana, sudah terinspirasi dari peluang usaha online di atas?

peluang bisnis online

Apa Rahasia Membangun Perusahaan yang Sukses?

Rahasia ini dipaparkan oleh Sam Walton, pemilik retail raksasa dari Amerika, yakni WalMart. Apa sajakah rahasia membangun perusahaan yang sukses versi dari Sam Walton? Mari ktia simak.

RULE 1: KOMIT kepada bisnis Anda. Percaya padanya lebih dari siapa pun. Sam pikir dia melampaui siapapun dalam mengatasi hambatan dengan passion yang dibawanya ke pekerjaan. Sam meyakini jika seseorang sangat menyukai pekerjaannya maka orang tersebut akan melakukan yang terbaik yang bisa dilakukannya setiap hari, dan dalam waktu singkat setiap orang di sekitarmu akan tertular kecintaan yang sama.

RULE 2: BERBAGI keuntungan dengan semua rekanan, perlakukan mereka seperti mitra. Sebagai balasannya mereka memperlakukan Anda sebagai mitra, dan bersama-sama mereka akan tampil melampaui harapanmu yang paling liar sekalipun. Tetap sebagai pemilik dan mempertahankan kontrol tetapi bertindaklah sebagai pemimpin yang melayani dalam kemitraan. Dorong rekanan Anda untuk memegang saham perusahaan. Tawari mereka saham dengan harga diskon dan berikan jaminan hari tua dalam bentuk saham. Itu adalah hal terbaik yang pernah dilakukan Wal-Mart bagi rekanannya.

RULE 3: MOTIVASI rekanan Anda. Uang dan kepemilikan saham saja tidak cukup. Secara tetap, hari demi hari, pikirkan hal baru dan cara-cara yang lebih menarik untuk memotivasi dan menantang rekanan Anda. Tetapkan target tinggi, dorong kompetisi. Buat taruhan dengan imbalan yang sangat bagus. Jika sesuatu menjadi basi, tukar kutubnya, perintahkan manager berganti posisi dengan manager lain untuk tetap tertantang. Buat setiap orang menebak-nebak apa yang akan terjadi berikutnya. Jangan mudah ditebak.

RULE 4: KOMUNIKASIKAN segala hal yang bisa Anda lakukan kepada rekanan Anda. Semakin mereka tahu semakin mereka mengerti. Semakin mereka mengerti semakin mereka peduli. Sekali mereka peduli maka tidak ada yang bsia menghentikan mereka. Jika Anda tidak percaya kepada mereka maka mereka tahu bahwa Anda tidak memperlakukan mereka sebagai mitra. Informasi adalah kekuatan, dan manfaat dari memperkuat rekanan Anda dengan informasi lebih baik daripada resiko kebocoran informasi ke pesaing Anda.

RULE 5: HARGAI segala sesuatu yang dilakukan rekanan Anda untuk perusahaan. Pembayaran gaji dan opsi saham membeli satu bentuk kesetiaan. Tetapi semua dari kita suka bila seseorang mengatakan betapa dia menghargai untuk sesuatu yang kita lakukan untuknya. Kita suka mendengarnya sesering mungkin khususnya sesuatu yang sangat membanggakan kita. Tidak ada yang bisa menggantikan beberapa hal yang terpilih dengan baik, waktu yang tepat, kata pujian yang tulus. Semuanya itu gratis tetapi harganya tak ternilai.

RULE 6 RAYAKAN keberhasilan-keberhasilan Anda. Coba belajar mentertawai kegagalan Anda. Jangan perlakukan diri Anda terlalu serius. Rilekslah dan orang-orang sekitar Anda akan rileks. Bergembiralah. Selalu tunjukkan antusiasme. Ketika semuanya gagal, gunakan kostum dan nyanyilah lagu yang konyol. Lalu ajak semua orang bernyanyi bersama Anda. Jangan menari hula di Wall Street karena hal itu sudah dilakukan. Pikirkan sesuatu yang baru, Semuanya akan lebih penting, lebih gembira dari yang Anda pikirkan.

RULE 7: DENGARKAN setiap orang di dalam perusahaan. Temukan cara membuat mereka bicara. Orang yang berada di garis terdepan-mereka yang benar-benar bicara kepada pelanggan-yang mengerti apa yang sesungguhnya terjadi. Sebaiknya Anda cari tahu apa yang mereka ketahui. Inilah hakikat dari kualitas total yang sebenarnya. Untuk mendorong tanggung jawab sampai ke bawah organisasi, dan mendorong ide-ide baik muncul ke permukaan Anda harus mendengar apa yang rekanan Anda coba sampaikan ke Anda.

RULE 8: LAMPAUI harapan pelanggan Anda. Jika Anda lakukan itu maka mereka akan datang kembali dan kembali lagi. Berikan apa yang mereka mau dan sedikit lebih banyak. Biarkan mereka tahu bahwa Anda menghargainya. Ambil kebaikan dari setiap kesalahan Anda dan jangan membuat alasan-mintalah maaf. Bertanggungjawablah untuk setiap yang Anda lakukan. Dua kata paling penting yang dituliskan Sam di papan nama Wal-Mart yang pertama adalah: “Kepuasan Dijamin”. Tulisanitu masih tertempel di sana dan mereka telah membuat perbedaan.

RULE 9: KONTROL biaya-biaya Anda lebih baik dari yang dilakukan kompetitor Anda. Inilah adalah cara menemukan keunggulan bersaing. Selama 25 tahun menjalankan perusahaan jauh sebelum Wal-Mart menjadi peritel nasional terbesar-Wal-mart sudah menjadi peringkat pertama sebagai yang paling rendah dalam hal rasio biaya terhadap penjualan. Anda bisa membuat banyak kesalahan berbeda dan masih mampu menutupinya jika Anda beroperasi secara efisien. Sebaliknya Anda bisa jadi sangat brilian namun tetap gagal dalam bisnis jika Anda sangat tidak efisien.

RULE 10: BERENANG melawan arus. Pergilah ke arah yang berbeda. Abaikan kearifan konvensional yang biasa-biasa. Jika semua orang melakukan hal yang sama maka akan ada kesempatan bagus mendapatkan ceruk pasar dengan melakukan arah yang berlawanan namun bersiaplah digoyang oleh orang-orang yang mengatakan bahwa Anda menuju arah yang salah. Sam memperkirakan, yang dia dengar paling sering daripada apapun juga adalah pernyataan bahwa:kota kecil kurang dari 50.000 penduduk tidak bisa mendukung sebuah toko diskon untuk waktu lama.

Inilah aturan Sam yang sangat biasa, beberapa mengatakannya terlalu sederhana. Memang sederhana, karena bagian tersulitnya adalah secara konstan menemukan cara untuk melakukannya. Anda tidak bisa sukses dengan hanya melakukan satu kali, karena segala sesuatu di sekeliling Anda selalu berubah. Untuk berhasil Anda harus selalu berada di depan perubahan itu.[]

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.