Cara Optimasi Halaman Website: Jualan Jadi Maksimal!

Enxyclo Studio

cara optimasi halaman website

Cara Optimasi Halaman Website – Kami mencatat setidaknya ada lima halaman website yang baik untuk dioptimasi. Anda bisa memilih salah satunya, atau bahkan bisa juga mengoptimasi semuanya. Namun, pengerjaannya tetap harus bertahap.

Mengapa?

Karena saat ini Google telah menerapkan aturan yang sangat ketat, jadi nikmati saja prosesnya.

 

1. Cara Optimasi Halaman Depan /Home

Halaman depan website merupakan pintu masuk utama calon pelanggan Anda. Di sana, Anda wajib memberikan penampilan yang membuat pelanggan Anda nyaman dan betah berada di website.

Beberapa yang wajib ditampilkan di halaman depan website:

Sapaan hangat kepada konsumen

  • Nomor kontak
  • Alamat offline bisnis Anda (jika ada)
  • Produk terbaru (untuk toko online)
  • Produk terlaris (untuk toko online)
  • Kategori produk (untuk toko online)
  • Testimoni pelanggan
  • Akun media sosial bisnis
  • Informasi rekening
  • Informasi pengiriman
  • Cuplikan artikel terbaru berisi tulisan bermanfaat yang bisa dibaca pelanggan

Anda juga wajib membuat halaman depan website mudah dinavigasi, sehingga pelanggan tidak bingung saat mencari produk yang mereka inginkan.

Selain itu, juga memudahkan mereka ketika ingin menyelesaikan pembelian.

Selain pelanggan, Google akan lebih dulu masuk ke halaman depan website sebelum ke halaman lainnya. Untuk itu, kami sangat menyarankan halaman depan adalah halaman yang paling pertama Anda optimasi.

Di halaman depan, Anda bisa menargetkan kata kunci yang memang bisa mendatangkan penjualan. Anda bisa membacanya terlebih dahulu tentang segala hal yang membahas kata kunci.

 

2. Cara Optimasi Halaman Kategori

Halaman kategori adalah halaman di mana Anda sudah mengelompokkan produk-produk Anda berdasarkan kategorinya masing-masing.

Di halaman ini, biasanya website menampilkan produk-produk sesuai kategorinya. Anda juga bisa menampilkan produk-produk rekomendasi sesuai kategori sebagai pilihan bagi pelanggan Anda.

Halaman kategori biasanya adalah halaman kedua yang dikunjungi untuk memilih produk yang mereka inginkan.

Jika website Anda menjual banyak jenis produk dengan kategori yang berbeda-beda seperti marketplace, kami lebih menyarangkan untuk mengoptimasi halaman ini.

Akan tetapi, jika website Anda hanya fokus di satu jenis produk, optimasi halaman home atau page lebih tepat untuk Anda lakukan.

 

3. Cara Optimasi Page

Selain halaman home dan kategori, pages bisa menjadi alternatif untuk menematpkan konten penawaran yang menargetkan kata kunci penjualan.

Biasanya halaman ini lebih mudah untuk dioptimasi.

 

cara optimasi halaman website

4. Cara Optimasi Halaman Produk

Halaan produk adalah halaman yang menampilkan sebuah produk, lengkap dengan harga dan spesifikasinya. Berikut ini yang harus Anda tampilkan:

  • nama produk
  • gambar
  • stok yang tersedia
  • deskripsi lengkap
  • harga
  • rekomendasi produk lainnya
  • testimoni pelanggan untuk produk terkait

Pada bagian deskripsi, Anda harus menuliskan data selengkap-lengkapnya, sehingga pelanggan mendapatkan semua data terkait produk yang ingin dibelinya.

Halaman produk juga baik untuk dioptimasi, namun yang perlu Anda perhatikan adalah bahwa setelah stok produk tersebut habis atau Anda sudah tidak menjual lagi, apakah Anda harus menghapus atau menulis stok nol?

Kebanyakan pemilik website menghapus halaman produk yang sudah habis atau tidak dijualnya kembali. Jika demikian, Anda tidak perlu mengoptimasi halaman produ.

Mengapa demikian?

Proses panjang optimasi yang Anda lakukan menjadi sia-sia ketika halaman tersebut dihapus. Lebih baik Anda mengoptimasi halaman home, kategori, atau page yang nantinya bisa Anda pertahankan lebih lama di halaman penarian Google.

 

5. Cara Optimasi Halaman Artikel/Blog

Halaman artikel adalah halaman yang berisi konten-konten yang bermanfaat sesuai dengan bisnis atau produk Anda.

Jika Anda menjual hijab modern, Anda bisa mengisi halaman artikel dengan konten berupa tutorial cara memakai hijab.

Intinya, berikan konten-konten yang memang sangat dibutuhkan dan bermanfaat untuk target pasar Anda, sehingga mereka betak berada di dalam website.

Walau mereka hanya membaca konten, paling tidak website atau brand Anda sudah melekat di alam pikiran mereka karena seringnya mereka masuk dan membaca konten-konten ndi sana.

Di halaman ini, Anda bisa juga berjualan secara soft selling. Jangan mengincar kata kunci penjualan di sini, tapi incarlah kata kunci tentang tutorial atau tips yang masih berhubungan dengan produk.

Beberapa cara tentang SEO Onpage bisa Anda baca di Backlinko.

Demikian pembahasan tentang cara optimasi halaman website. Semoga berguna. Untuk meningkatkan performa website Anda di halaman satu Google, pakai saja Jasa SEO Solo tepercaya.

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.