Belajar SEO Onpage & Offpage: Panduan Singkat

Enxyclo Studio

seo onpage

Belajar SEO – Bagi Anda yang ingin belajar SEO Onpage dan SEO Offpage, namun tak memiliki waktu yang banyak untuk memelajarinya dan ingin mempelajarinya secara singkat dan jelas saja, maka Anda datang ke dalam artikel yang tepat.

Akan kami jelaskan secara singkat, padat, dan jelas, agar Anda mendapatkan gambaran ringkasnya, sehingga akan membuat Anda lebih bersemangat dalam belajar SEO Onpage maupun SEO  Offpage.

 

SEO Onpage

Fungsi dari search engine optimization ialah mengoptimasi konten yang diunggah dalam web mendapat peringkat yang lebih baik saat user mencari informasi di Google, Bing, Yahoo atau lainnya.

Untuk bisa konten mendapat peringkat terbaik atau minimal 5 teratas dari pencarian user di mesin pencari, ada hal yang harus kamu lakukan terkait dengan SEO Onpage.

Apa sajakah itu, berikut penjelasan lengkapnya.

1. Konten dengan kualitas yang baik

Apa fungsinya: mengoptimasi halaman website untuk memudahkan mesin pencari seperti Google mencari website kamu. Bila website kita berada di atas, ini akan mudah menarik pelanggan ke websitemu. Saat itu terjadi, minimal seseorang sudah tahu tempat makan yang kamu buka.

Mengapa penting: karena konten ialah yang tonggak dari sebuah website. Namun demikian, konten yang dibuat bukan konten asal jadi atau tidak informatif, inspiratif dan tak menyelesaikan masalah. Sebaliknya, konten harus memenuhi tiga kriteria itu.

Bagaimana caranya:  tinggal buat saja kontennya, kamu bisa membuat suatu informasi infografis, kutipan inspiratif, sampai artikel dengan beragam jenisnya. Apakah itu interview, artikel how-to, artikel inspiratif, artikel informatif. Bagaimana caranya, teknisnya kamu harus tahu cara mengemas—dalam hal ini struktur artikelnya.

Untuk mengetahuinya, simaklah beberapa struktur artikel dari Reda Gaudiamo, penulis dan mantan publisher majalah di kompas-gramedia.

  • Struktur artikel 1: problem-solusi. Kamu menyajikan satu permasalahan, kemudian dilanjutkan dengan beberapa solusi.
  • Struktur artikel 2: Sebab/akibat. Kamu menyajikan satu atau lebih hal, dan mengakibatkan satu atau hal lain.
  • Struktur artikel 3: Perbandingan/kontras. Kamu menyajikan struktur dengan pola A: lead, topik A, topik B, lanjut kesimpulan. Atau pola B : lead, aspek 1 topik A, aspek 1 B,aspek 2 topik A, aspek 2 topik B, lanjut kesimpulan.
  • Struktur artikel 4: urutan spasial/peristiwa. Kamu memaparkan penjelasan topik tertentu ari atas ke bawah atau sebaliknya. Bisa juga dari luar ke dalam atau sebaliknya, poin A ke poin B, dan seterusnya. Biasanya artikel jenis ini pokok bahasannya mengenai pengalaman perjalanan, rumah atau arsitektur.
  • Struktur Q & A: Biasanya artikel ini jenis ialah mengungkap sosok seseorang. Tak perlu dibahas semua yang kamu wawancara. Ambil bagian penting yang inspiratif untuk dishare kepada pembaca.

2. Jangan malas bikin title tag untuk artikel

Apa fungsinya: untuk menjadikan artikel yang kamu publish di website jadi rangking pertama di Google saat user mencari suatu informasi.

Mengapa penting: Memudahkan artikel yang pernah tulis untuk ditemukan baca oleh Google. Sehingga pengunjung yang datang ke website pun banyak. Bila kamu memakai email list, bukan tak mungkin kamu akan mendapatkan emailnya.

Dan itu berarti kamu bisa berhasil menjalani hubungan dengan pengunjung dengan longlasting. Sebab, seperti yang kita tahu kegunaan dari email sifatnya pasti dipakai.

Sosial media yang kita gunakan saat ini bisa saja tak dipakai lagi suatu saat nanti, seperti Myspace.com atau Friendster. Tapi bila kamu punya email pelanggan, kamu tetap bisa berhubungan dengannya–sampai kapanpun.

Bagaimana panduan bisnis kuliner nya? Keren, kan? Masih ada lagi. Silakan baca lanjutannya.

Bagaimana caranya: Misalnya kamu memiliki usaha coffee shop dengan produk unggulan ekspresso, dan membuat artikel beragam manfaat kesehatan mengonsumsi kopi. Kamu pula tak lupa menulis banyak title tag: manfaat kopi, manfaat sehat kopi, kopi terbaik di Indonesia, kopi ekspresso terbaik, sehat dengan kopi, dan seterusnya.

Dan saat ada seseorang googling dengan keywords: ‘manfaat kopi’, artikel yang muncul di urutan teratas ialah artikel yang kamu tulis dulu.

Tak hanya mencari informasi seputar manfaat sehat kopi, bila ada yang mencari info ‘kopi ekspresso terbaik di Indonesia’, artikel manfaat sehat kopi yang pernah kamu tulislah yang bakal ditampilkan oleh Google. Inilah dahsyatnya title tag.

Tak berhenti disitu, mereka pun akhirnya mengunjungi website kamu dan tahu produk kopi yang kamu miliki.

Melihat kamu concern dengan kopi, pasti pengunjung–yang saat ini sudah pintar memilih–bakal cenderung penasaran untuk mencicipi kopi atau menu unggulan di tempat kamu.

Bagaimana panduan bisnis kuliner nya? Keren, kan? Masih ada lagi. Silakan baca lanjutannya.

3. Keyword yang populer dan tepat sasaran

Apa manfaatnya: Inilah salah satu langkah yang penting untuk mengoptimasi halaman website. Dimana akan mendongkrak peringkat website kamu di mesin pencari–mulai dari Google, Bing, Yahoo dan lainnya.

Mengapa penting: Sebab keyword yang kita buat, katakanlah judul, memudahkan mesin pencari menarik konten yang kamu miliki jika keyword dari si pencari pas.

Pernahkah kamu googling informasi tertentu, kemudian karena keyword yang kamu tulis spesifik, dan kebetulan artikel yang kamu cari memakai judul dengan keyword populer, artikel yang kamu cari pun muncul–sesuai harapan kamu? Nah, inilah pentingnya sebuah keyword.

Bagaimana caranya: dengan menyertakan keyword di dalam konten, mulai dari judul, isi, dan URL. Semakin banyak pengulangan dari keyword yang kamu tulis, itu memudahkan mesin pencari untuk “menarik” artikelmu ke urutan teratas saat ada orang yang mencarinya.

Selain itu, perhatikan juga keyword yang kamu pilih, pastikan tepat sasaran. Maksudnya, kamu harus mengerti maksud di balik sebuah keyword. Misalnya ada user yang googling ‘beli kopi’, menurut kamu apa artinya? Apakah dia ingin membeli kopi atau ingin membaca artikel mengenai cara beli kopi?

Pasti yang pertama kan yang masuk akal. Inilah maksud dari pentingnya keyword yang kita gunakan dalam membuat konten.

4. Judul artikel yang mengundang klik

Apa manfaatnya: ini untuk membuat kamu unggul dari website lain yang memiliki topik yang sama.

Mengapa penting: Ini akan mengundang banyak pembaca untuk membaca tulisanmu. Misalnya kamu ingin membuat artikel mengenai manfaat sehat minum kopi, kemudian sekonyong-konyong kamu membuat judul Manfaat Sehat Minum Kopi sedangkan website lain membuat artikel yang sama dengan judul Ini Dia Manfaat Kesehatan Kopi yang Penting Kamu Ketahui.

Menurutmu mana yang bakal dipilih untuk dibaca?

Yap! Judul yang kedua. Apa sebab, itu karena judul kedua punya “magnet” atau menggugah rasa penasaran dan daya tarik, sehingga seseorang mau membaca.

Bagaimana panduan bisnis kuliner nya? Keren, kan? Masih ada lagi. Silakan baca lanjutannya.

Bagaimana caranya: Tambahkan dengan kata-kata bombastis atau yang bikin penasaran. Misalnya ‘Wow’, Ini Dia’, ‘Nih, Cara ’, ‘Inilah’. ‘Luar Biasa!’ ‘Rahasia’ ‘ ___yang Wajib Kamu Ketahui’ ‘ yang Perlu Kamu Ketahui’ ‘Ssst …’, “Begini Caranya ___” , “Ternyata”.

Mau contoh? Baiklah, anggaplah kamu sedang menulis strategi online dan offline dari Kebab Baba Rafi yang usahanya berhasil sukses merambah ke Asia atau global, kamu bisa membuat judul ‘Ini Dia Rahasia Keberhasilan Bisnis Kuliner Baba Rafi’, atau Ssstt… Ini Lho Rahasia Sukses Baba Rafi’ dan lain sebagainya.

Semua tinggal kamu padu padankan saja dengan menambahkan kata-kata  bombastis atau yang bikin penasaran itu. Di samping itu, kamu juga bisa dengan judul pertanyaan, namun harus tetap berbobot.

Misalnya soal topik yang sama mengenai keberhasilan bisnis kuliner Baba Rafi, kamu bisa membuat judul: Bagaimana Cara Kebab Baba Rafi Sampai Bisa Go International?

Singkat kata, tinggal gunakan saja imajinasi kamu untuk membuat judul. Pastikan, judul yang kamu buat bikin orang penasaran atau menarik sehingga orang mau membaca tulisan kamu.

5. URL yang singkat dan deskriptif

Apa manfaatnya: Memperbaiki posisi website di hasil pencarian mesin pencari.

Mengapa penting: Bila keyword yang di-publish memiliki banyak keyword, itu akan memudahkan mesin pencari menjadikan artikel kamu jadi prioritas ketimbang artikel yang lain. Alasannya, itu karena karena artikel kamu dianggap paling relevan saat ada orang yang mencari.

Bagaimana caranya: Gantilah setting permalink blog kamu bila hasil URL konten yang kamu unggah, katakanlah polanya, URL: www.domain.com/pwer323,  menjadi pola URL yang singat dan deskriptif www.domain.com/Ini-dia-rahasia-sukses-kebab-baba-rafi.

6. Meta deskripsi yang deskriptif dan mengundang klik

Apa fungsinya: Metadeskripsi atau atribut HTML yang menyajikan penjelasan singkat tentang isi dari halaman web sangat berguna bila dioptimalkan untuk penguatan identitas. Sebab itu akan membuat pengunjung website bertambah,  dan bukan tak mungkin peringkat wesbite di mesin pencarian meningkat.

Mengapa penting: Memiliki metadeskripsi yang deskriptif pada akhirnya akan membuat orang mengundang klik dan akhirnya tahu bisnis kuliner kamu. Pernahkah kamu melakukan googling terhadap satu tempat makan, kemudian dia menyajikan keterangan di bawah nama tempat makannya dan akhirnya kamu klik? Bila kamu pernah melakukannya, itulah kekuatan dari metadeskripsi.

Bagaimana caranya: Meta deskripting yang efektif, hanya memberikan penjalasan satu-dua kalimat. Karenanya, perhatikan betul kalimat yang kamu tulis.

7. Berikan gambar berkualitas tinggi dan berukuran normal

Apa fungsinya: Ini agar konten yang kamu berikan tak membosankan pengunjung. Bukankah akan menjemukan bila artikel yang kamu tulis 100 persen hanya teks?

Mengapa penting: Perlu kamu ketahui gambar berkualitas yang kamu masukan itu juga bisa jadi ladang keyword. Ya, kamu bisa mengeksplornya dengan caption dari gambar itu sesuai gambaran judul yang biasanya sudah terbersit di pikiran kamu. Seperti yang kamu sudah tahu, keyword itu akan memudahkan pencarian mesin menarik artikel kala ada orang yang mencari informasi.

Bagaimana caranya: Untuk mendukung bobot dari artikel kamu, bukan mengganggu pembaca. Setidaknya kamu memertimbangkan dua hal: (1) gambar yang digunakan representasi dari penjelasan di dalam paragraf dan (2) sesuaikan resolusi gambar sesuai atau enak dilihat saat artikel sudah di-publish.

8. Referensi berupa link ke web lain

Apa fungsinya: Untuk menunjukan konten artikel yang kamu buat kredibel oleh mesin pencari informasi. Sehingga, mereka–apakah itu Google, Yahoo, Bing mau merekomendasikan konten artikel kamu kepada si pencari informasi.

Mengapa penting: Sebab website baru cenderung sulit masuk jajaran atas rekomendasi website dari Google. Ya, mereka condong “menyajikan” informasi dari website lama dan sudah punya reputasi bagus. Karenanya kita butuh link dari web lain untuk memperkuat argumentasi yang kita tulis.

Bagaimana caranya: Ini tak ubahnya seperti kamu menulis skripsi, yang mana dalam penjelasannya ada rujukan yang kamu pegang yang tertera di dalam catatan kaki. Singkatnya, buatlah referensi berupa link ke web lain untuk dapat kepercayaan dari Google.

9. Internal link untuk mempermudah navigasi

Apa fungsinya: internal link atau tautan (link) yang mengarah dari suatu halaman ke halaman lain di website yang sama peranannya tak bisa diremehkan. Sebab ini akan membuat pengunjung lebih lama “bermain” di website kamu.

Mengapa penting: dalam strategi pemasaran online, kita sebisa mungkin membuat pengunjung berlama-lama di website kita. Sebab ada istilah bounce, yang mana itu merupakan menunjukkan berapa lama seorang berkunjung rata-rata berselancar di website kita.

Bila rate bounce-nya tinggi atau di atas 20 persen, maka pengunjung di website itu tergolong cepat mengklik tombol close–yang biasanya karena kontennya jelek. Di sisi lain, kita membutuhkan bounce yang bagus untuk mendongkrak peringkat kita di website.

Dan untuk mencapai itu, salah satu yang bisa kita andalkan dan masih efektif sampai saat ini ialah dengan internal link.

Bagaimana caranya: Kamu bisa menyisipkan berada di tengah konten. Buatlah secara natural tanpa harus membuat kata ‘klik di sini’ atau ‘silahkan klik di sini untuk mengetahui lebih lanjut’.

Jangan. Buatlah dalam bangunan artikel yang kamu sampaikan, setelah dapat kata kunci yang bisa mengantar ke artikel lain.

Berikanlah achor text, sehingga kata kunci ini bila kamu bisa membawa kamu artikel lain. Ingat, jangan pula terlalu banyak. Jagalah kenyamanan pengunjung website kamu, hindari membuat ia risih.

10. Bisa di-share ke sosial media

Apa manfaatnya: karena usaha kuliner kamu bisa lebih cepat terkenal lewat sosial media. Apakah itu grup di Facebook, Twitter, Linkedin dan Instagram.

Mengapa penting: ini bisa mendongkrak pengunjung website kamu. Sehingga, secara otomatis mereka sedikit banyaknya mengetahui usaha kuliner kamu, menu makan sampai suasana unik tempat makanmu.

Selain itu, share konten ke sosial media kerap mendatangkan backlink–tautan yang berada di situs lain dan mengarah ke situs kita, yang bisa melesatkan peringkat website kamu di pencarian mesin informasi.

Bagaimana melakukannya: Kamu tinggal meminta pendesain website kamu untuk membuat fitur sosial media share. Apakah nanti diletakkan di akhir artikel, di bagian samping, atau di atas paragraf pertama laiknya portal berita media online.

11. Riset kata kunci

Apa fungsinya: meriset kata ialah aktivitas di mesin pencari dengan kata kunci dan mesin akan menyajikan informasi yang paling relevan. Saat kamu bisa menggunakannya dalam membuat judul artikel atau konten, otomatis artikel kita bakal sering muncul dalam pencarian informasi para user atau pencari informasi. Dengan demikian, trafik pengunjung web bakal meningkat secara cepat.

Mengapa penting: Ini agar konten yang kamu buat langsung banyak pembacanya dan meningkatkan kredibilitas konten dari sisi mesin pencari.

Bagaimana caranya: caranya ialah dengan menggunakan Google Key Planner. Kamu bisa memakainya kapan pun kamu mau karena fitur ini gratis. Untuk mengetahui caranya, simak penjelasannya di bawah ini:

  • Masukkan kata kunci di dalam kolom.
  • Aturlah negara target
  • Pilih bahasa
  • Bila sudah memasukan kata kunci lanjut klik ‘get ideas

Butuh contoh? Baiklah, kita pakai contoh pernah dibahas diatas saja ya: ‘beli kopi’.

Nah, dengan cara begini kita bakal bisa membuat konten yang kita hasilkan banyak pembacanya.

Untuk dapat hasil yang baik, carilah yang pencariannya persaingannya rendah. Bila saat menganalisis kata, kamu mendapati situs e-commerce di sana, carilah judul yang lain.

Sebab sulit untuk melangkahi situs e-commerce. Kemudian tambahkan kata kunci yang kamu cari dengan teknik longtail keyword. Misalnya, saat kamu mencari pencarian ‘jual kopi’, kamu dapat skor 720 dan kata turunan kata itu yakni kopi luwak sebanyak 5400.

Dari sini tinggal kamu gabungkan saja, kedua kata kunci itu menjadi sebuah judul: Jual Kopi Luwak. Bila kita bisa kalkulasi dari hasil pencarian keyword itu, jumlah pengunjung kita dapatkan kurang lebih bakal sebanyak 6120.

Sementara untuk menganalisis keyword populer, yang pertama yang harus kamu lakukan ialah mengetahui pesan yang ingin disampaikan dulu dalam membuat konten, katakanlah artikel.

Bila sudah, barulah carilah keyword yang mewakili pesan itu. Bila kamu dapati jumlah yang mencari di mesin pencari kecil, carilah yang besar dengan kompetisi yang rendah.

Selain itu, pastikan pula pada paragraf pertama menyertakan keyword kamu, agar mesin Google cenderung memilih artikel yang kamu buat.

Kalau bisa kamu juga menyertakan keyword itu dalam caption foto yang kamu lampirkan– kalau ada, kemudian dan juga dalam subtopik yang kamu bold, sebab Google memforsir keyword berdasarkan itu.

Bila kamu bisa membuat banyak keyword dalam artikel yang kamu buat, sangat mungkin artikel kamu berada di urutan teratas bila user mencari informasi tentang topik yang selaras dengan keyword yang kamu buat.

 

SEO Offpage

Bila kamu sudah mengoptimasi website secara online melalui teknik search engine optimization, jangan lupa melakukan off line-nya juga. Sebab hal itu bakal mendongkrak pamor dari usaha kuliner kamu dan sales produk. Namun, sebelum masuk lebih mendalam, apa sebenarnya off page search engin optimization (SEO)  ini?

Off page SEO ialah usaha me-link building konten yang kita buat ataupun membangun backlink atau tautan dari website lain menuju webiste kamu untuk mendapat popularitas. Bila popularitas website tinggi sedikit banyaknya pasti akan menaikan sales.

Darmawan, konten marketing dan Praktisi SEO, menerangkan bahwa agar website dan sebuah konten berada di peringkat satu di mata mesin pencari, katakanlah Google, ada beberapa faktor yang harus kamu pegang, yakni:

  • kualitas backlink
  • anchore text dalam backlink
  • jumlah backlink
  • keragaman backlink
  • aktivitas di media sosial
  • reputasi di media sosial
  • faktor personal.

Dan untuk membangun backlink dari konten yang kamu buat harus natural. Di mana memang muncul dari para pengunjung websitemu yang merasa memang konten di dalam artikel–entah artikel, infografik, meme, poster quote–itu layak untuk disebarluaskan.

Bukan asal nge-spam di kolom komentar website orang atau cara jalan instan. Bukan. Karena yang tak natural bisa kena pinalty dari Google, efeknya trafik yang kamu bangun langsung turun drastis.

Agar konten kita bisa mencapai posisi teratas, kamu pun tak perlu mencari backlink yang banyak. Ya, sedikit backlink yang kamu punya juga bisa membawa kamu peringkat satu.

Terpenting,  kata Darmawan, kita harus mau berproses untuk memberikan konten berkualitas secara rutin. Bukankah sesuatu yang bermanfaat pasti akan disukai banyak orang, kan? Pegang itu saja.

Nah, bagaimana tip membangun backlink itu ada beberapa cara yang bisa kamu contoh. Semuanya terangkum dalam penjelasan di bawah ini.

1. Minta kepada pemilik website lain

Apa fungsinya: Tenang, arti minta ini bukan meminta-minta secara harfiah. Tapi maksud dari meminta ini ialah berhubungan dengan mereka yang sudah terbilang sukses di topik atau segmen yang kamu tuju.

Anggaplah kamu ingin membuka coffee shop, kamu harus berhubungan baik dengan para blogger. Sebab seperti yang kamu tahu mereka bakal bisa merekomendasikan konten kamu secara sukarela.

Logika sederhananya: bagaimana mau ditolong atau dikasih sesuatu dari orang lain kalau kita tidak kenal, kan?

Mengapa penting : Ini juga selain sebagai cara untuk mendapat backlink, ini juga sebagai menjalin hubungan food blogger atau bloger lain yang satu topik dengan kamu.

Semakin banyak kamu dikenal orang atau bloger, peluang untuk mendapat backlink juga besar. Tentu, terkait konten yang kamu buat harus luar biasa kualitasnya.

Bagaimana caranya: risiko untuk diabaikan dengan cara ini besar. Karenanya kita harus punya siasat untuk bisa diterima dan menjalin hubungan dengan mereka. Nah, caranya bisa kamu lakukan dengan cara berikut:

  • Cari dan bikin daftar website yang punya perhatian atau topik yang sama dengan kamu. Pastikan pula website yang kamu list itu sudah aktif dan lama.
  • Follow akun jejaring sosial mereka.
  • Ajak berkomunikasi dengan mengomentari segala cuitan Twitter atau artikel yang ia share, atau memasang link ke konten mereka. Jalinan hubungan ini sendiri bukan berarti kamu melakukan fake relationship. Bukan. Ini berperilaku sekadar dan senaturalnya saja, alhasil tak ada patokan untuk sekonyong-konyong kapan kamu mendapat backlink. Sebab faktor mendapat backlink itu ada dua hal, kamu sangat terkenal atau kualitas konten yang kamu bagus sekali. Nah, lantaran website kamu belum dikenal, dan mereka sudah terkenal, apa yang kita lakukan ialah upaya agar mereka mengenal siapa kita.
  • Bila kamu mendapati hasil pencarian Google ada yang me-review tempat makanmu atau menu makanan andalanmu, tetapi tak ada tautannya ke website-mu, mintalah mereka menautkan website-mu. Email lah mereka dengan cara yang sopan. Ini banyak disukai para bloger karena paling efektif. Namun, bagaimana untuk bisa melacak semua blog yang menyebut nama website atau menu andalan makan kita? Kamu bisa memakai bantuan aplikasi seperti Fresh Web Explorer, Talkwalker, Google Alert atau Mention namun berbayar.

2. Broken link building

Apa fungsinya: broken link artinya sebuah tautan yang mengarah ke website lain tapi sudah “mati”. Dan kita hanya perlu membuat artikel yang sudah mati itu dengan mengganti artikel kita dengan kualitas lebih baik, dan meng-email pemiilik blog dengan cara yang sopan. Apa alasannya, itu agar mereka mau mengganti tautan itu dengan tautan kita. Dan begitu tautan itu berganti dengan tautan ke website kita, jumlah pengunjung pun bakal melesat tinggi.

Mengapa penting: Ini salah satu cara mendapat backlink yang efektif. Di mana itu bisa menaikan peringkat kita di “hadapan” mesin pencari

Bagaiamana caranya:

Carilah broken link external dari website lain yang memiliki concern yang sama dengan website kamu

Email lah pemilik website dengan sopan sebagai pengganti website yang mati itu dengan melampirkan halaman website milikmu–yang sebaiknya kontennya harus lebih bagus. Atau bila kamu belum punya konten itu, kamu juga bisa membuatnya.

3. Halaman berupa kumpulan blog atau artikel

Apa fungsinya: pasti pernah kamu melihat ada sebuah blog yang menampilkan kumpulan beberapa blog atau artikel saat tak sengaja googling, katakanlah ‘Inilah 10 Tempat Makan Keren di Jakarta’.

Nah, lewat inilah kita mendapatkan backlink dari artikel itu – yang sesuai dengan perhatian website yang kita bangun. Caranya, sama seperti sebelumnya, kita hanya perlu menghubungi pemilik website dan menawarkan konten yang sama dengan apa yang ia tulis, harusnya penambahan satu daftar lagi tak masalah buat si bloger.

Mengapa penting: Ini salah satu cara yang keberhasilan untuk mendapatkan backlink sangat pesat. Sehingga, baiknya harus dimaksimalkan.

Bagaimana caranya:

Kamu bisa Googling kategori dengan merujuk pada konten yang pernah kamu buat. Setelah itu kumpulkan website mana saja yang paling potensial.

Carilah email, kontak atau akun sosial media untuk kita hubungi. Bila sudah dapat, beritahu mereka bahwa kamu punya artikel dengan topik yang sama, dan meminta untuk memasang link kamu. Ingat, saat meminta ini lakukanlah dengan sopan, karena kita yang perlu di sini. Bukan si pemilik website. Jadi, mau atau tidaknya tergantung bagaimana cara berkomunikasi kamu ke dia.

Lakukanlah pada website lain dan tunggu balasannya.

4. Guest bloging untuk mendapatkan trafik

Apa fungsinya: Guest blogging atau saling tukar mengisi konten dengan website lain ialah salah satu cara efektif mendapat backlink. Di mana efeknya bakal meningkatkan trafik pengunjung website kita, dan tentu, itu juga memengaruhi popularitas kita di hadapan mesin pencari informasi.

Mengapa penting: ini ialah cara cepat untuk website kamu dikenal banyak orang–percaya atau tidak. Sebab, sekalipun kamu merilis banyak konten, bila tak ada yang kenal sama kita mana mungkin website akan ada pengunjung. Dan cari ini bisa membuat website kamu dikenal banyak orang, dan cara sama-sama menguntungkan satu sama lain.

Bagaimana caranya: Temukan beberapa blog dengan minat topik yang sama dengan website kamu lewat Google, contohnya: ‘kopi terbaik indonesia guest blog’. Bila sudah menemukan yang menurut kamu cocok, hubungi mereka dengan email.

Dalam pencarian blog ini, perhatikan pula kualitas website mereka. Carilah website yang memiliki reputasi yang bagus.

Bagaimana melihatnya, pertimbangannya berdasarkan seaktif apa ia merilis konten dan apakah pengunjungnya antusias yang mana bisa dilihat di kolom komentar atau akun sosial medianya. Kemudian, websitenya sudah lama atau tidak, carilah website minimal lebih dari setahun.

Selain itu, lihatlah trafiknya sudah tinggi atau belum, untuk mengukur trafik kamu bisa melihatnya di Alexa.

5. Pancing perasaan dengan konten ego bait

Apa fungsinya: Sebelum memaparkan mengenai fungsinya, baiknya kamu harus tahu apa dulu konten ego bait. Apa itu ego bait, ini ialah usaha membuat artikel yang memanfaatkan sifat manusia sehingga saat membacanya ia akan merasa senang atau bangga.

Alhasil, ia bakal mempromosikan artikel dalam wesbite kamu. Topiknya sendiri biasanya seputar, profil seseorang, organisasi, atau usaha. Misalnya, kamu membuat artikel 10 Food bloger Terkenal di Indonesia, dan mempromosikannya ke akun sosial media dengan mentag mereka.

Pasti mereka pasti akan senang, dan besar kemungkinan mereka akan membuat post konten balasan untuk menginfokan artikel kamu.

Dan bila sudah seperti ini, pasti kamu sudah bisa menebak apa manfaat buat kamu kan? Yap! Backlink bertambah, popularitas di hadapan para blogger dan Google pun meningkat.

 

Baca Juga: Jasa SEO Solo Terbaik!

 

Mengapa penting: Ini cara yang sangat besar kemungkinanya untuk berhasil. Lagi pula siapa yang tak suka dipuji atau disanjung ? Rasanya tidak ada, kan.

Bagaimana caranya: prinsipnya, buatlah konten yang informati dan menjawab suatu keresahan pembacanya.

6. Pancing perhatian dengan konten link bait

Apa fungsinya: pasti terbersit pertanyaan di benak kamu: apa bedanya link bait dengan ego bait? Baiklah, mari kita simak sama-sama.

Fokus dari ego bait ialah mengundang perhatian banyak orang, dengan menyentuh perasaannya. Yang mana bila mereka membacanya, hatinya akan tergugah karena bobot konten yang begitu tinggi atau mengena. Bila cara ini dilakukan dengan baik, kamu akan kebanjiran backlink atau pengungjung website.

Dan jika  sudah seperti itu, peringkat website kamu di mesin pencari informasi pasti meningkat.

Mengapa penting: ini efektif menarik pengunjung website untuk tahu artikel dan produk bisnis kita. Sementara untuk backlink? Sudah pasti, Kawan. Ini tinggal bagaiman kita menyajikan konten yang bagus.

Bagaimana caranya:  think like your customer! Kalau ingin konten jadi perhatian banyak orang, buatlah sesuatu yang kontroversial, buatlah konten interaktif yang bermanfaat atau yang bisa menghibur, katakanlah membuat meme dengan merujuk topik yang trending topik saat ini.

Kemudian membuat artikel sisi lain dari berita yang sedang populer saat ini, atau bisa infografis mengenai suatu topik. Misalnya, memahami manfaat kesehatan kopi dalam waktu 10 detik. Nah, kamu uraikan deh di sana apa saja manfaatnya dalam bentuk grafis.

Saat kamu berhasil membuat infografis yang menarik dan informatif, pasti banyak yang akan share.

7. Manfaatkan content sharing platform

Apa manfaatnya: memanfaatkan content sharing platform seperti Kompasiana dan forum lainnya juga jadi cara yang efektif untuk memerkenalkan website kita. Prinsipnya sama seperti di website yang kita buat, hanya perlu membuat konten di sana.

Bila sudah puas dengan beberapa artikel yang kamu sajikan, mereka akan penasaran mengenai siapa kamu. Dan akhirnya mengunjungi website kamu, tentu di titik ini trafik website kamu bakal meningkat. Sehingga kepercayaan Google atau suatu topik yang kamu “kupas” akan meningkat.

Mengapa penting: ini cara paling mudah untuk website kamu dikenal banyak orang. Dan bila konten kamu disana dikomen, disukai, dan di-share, itu ialah backlink yang berkualitas. Artinya, peringkat kamu di mesin pencari informasi bakal meningkat lebih tinggi.

Bagaimana caranya: caranya kurang lebih sama dengan apa yang kamu buat saat membuat website kuliner ini. Kalau artikel yang sama dengan pernah di website?

Bisa juga. Sebab yang dibutuhkan untuk website baru ialah, masuk ke tempat ramai agar mereka tahu siapa kita. Dan kondisinya kamu ialah website baru, pastikan konten yang kamu share ialah bagus.

Karena bila tidak bagus konten yang kamu share, akan berbuah bumerang yang nantinya akan merugikan kamu sendiri. Usaha yang kamu rintis.

8. Bikin konten yang berpotensi viral

Apa fungsinya: ini bakal mendongkrak trafik pengunjung sehingga bisa meningkatkan popularitas website di mata google.  Artikel yang kita buat pun sangat besar kemungkinannya untuk mendapat backlink.

Mengapa penting: muara dari user mau meng-share suatu konten, ialah konten yang mereka baca atau lihat sangat penting buatnya dan penting ketahui semua orang. Bila hanya konten biasa, akan jadi angin lalu saja. Artinya, tak akan mengatrol pengunjung website.

Bagaimana caranya: untuk mencapai viral, konten itu minimal bisa menggugah atau sangat informatif. Yang mana kalau kamu membayangkan jadi pembaca kamu ingin semua orang tahu ‘Eh gilak, ini keren banget’ atau ‘Eh gaes, kalian harus tahu ini. Gue yakin lo belum tahu semua’.

Bila menggugah perasaan pembaca, baiknya tulisan kamu harus ada twist di akhir pembaca. Sementara kalau informtif yang kamu kejar, berarti kamu harus melampirkan link rujukan yang menjadi dasar argumentasi kamu. Tentu juga, semua penyampaian informasi itu harus enak dan mudah dipahami pembaca.

 

***

 

Sebagai tambahan informasi untuk belajar SEO, bisa membaca artikel menarik di tautan ini. Demikian pembahasan mengenai belajar seo onpage dan offpage. Semoga bisa membantu Anda memami dan membuat Anda makin semangat belajar SEO. Materi yang disampaikan adalah hasil dari nukilan dari karya Qalbinur Nawawi.

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.