Akun Publik Instagram: Wow! Modal Repost Hasil Jutaan?!

Enxyclo Studio

cara optimasi akun instagram publik

Akun Publik Instagram -Untuk kamu yang ingin kerja di rumah aja, atau main Instagram aja tapi hasilnya bisa puluhan juta, maka mengelola akun Instagram publik dan mengoptimasinya adalah solusinya.

Pasti kamu bertanya-tanya.

Apaan sih akun Instagram publik itu?

Biar makin nggak bingung, kami akan menjelaskannya, ya. Silakan disimak baik-baik.

 

Apa Itu Akun Publik Instagram?

Akun publik Instagram itu bukan akun jualan. Beda banget. Akun jualan Instagram adalah akun yang memang dipakai untuk berjualan. Sedangkan akun publik Instagram adalah akun yang berisi postingan-postingan tentang info-info menarik mengenai suatu hal. Nah, menariknya, akun publik Instagram, bisa dipakai buat jualan juga pada akhirnya. Bahkan, monetizing-nya bisa lebih besar.

 

Yuk, Bikin Akun Publik Instagram!

Sebelum membangun akun publik Instagram. Ada hal penting yang harus kamu perhatikan. Yaitu tentang pemilihan niche.

Alah, apa lagi itu niche. Makanan apa pula itu ….

Tenang, jangan emosi dulu. Orang miskin emang gampang emosi sih.

Kita lanjutkan dulu, ya.

1. Cara Memilih Niche Akun Publik Instagram

Sederhananya, niche itu begini. Niche itu adalah topik yang akan kita bahas di akun publik Instagram kita.  Bahasa sederhananya gini, kamu nanti di Instagram mau berbagi info menarik tentang apa?

Jangan sampai menjawab, “Mau bahas apa pun deh. Gado-gado!”

Nggak. Kamu nggak bakalan berhasil dengan cara itu.

Ingat, kaidahnya adalah The Nicher, The Richer. Siapa yang bermain di satu ceruk atau satu niche tertentu dengan sangat spesifik, justru yang akan sangat kaya.

Artinya, kamu nggak akan bisa kaya kalau hanya main secara random. Kamu harus spesifik dan ‘khusus’, jadi audiens akan mudah mengenali akunmu nanti bentuknya seperti apa dan bagaimana.

Masih belum jelas?

  • Misal pengennya masalah makanan, berarti niche-nya adalah bisa resep, atau info kuliner.
  • Misal pengennya olahraga berarti nichenya adalah bisa sepakbola, voli, basket, dll.
  • Misal pengennya islami, berarti misal quote islami, kajian, ceramah dll.
  • Dan seterusnya.

Gimana, udah ada gambaran, kan?

Nah, kalau niche-nya udah ketemu, kita bahas langkah selanjutnya.

2. Cara Memetakan Niche Akun Publik Instagram

Niche ini amat penting bagi yang mau masuk ke dunia akun publik Instagram. Ini adalah gerbang awalnya dan bisa jadi langkah paling krusial alias yang bisa jadi penentu.

Dalam memlih niche ini ada ada ada tiga caranya :

  • Suka niche tersebut.
  • Niche nya banyak disukai dan dibutuhkan orang lain
  • Mau jualan apa ?

Kita bahas satu per satu dulu, ya.

Pertama, kamu harus benar-benar suka dengan niche tersebut. Ini penting, karena dari kesukaan tersebut, kamu akan memiliki gairah yang besar untuk mengembangkannya lebih jauh. 

Dengan kata lain ….

Jika kamu dalam membangun niche akun Instagram tapi nggak passionate, maka bagaimana mungkin kamu bersemangat untuk membangunnya dan bahkan me-monetizing-nya?

Belum lagi buat cari postingan untuk akunnya.

Maka ini akan membuat akun instagrammu tidak akan berkembang.

Kedua, yaitu masalah niche-nya harus banyak disukai dan dibutuhkan orang lain.

Jika orang lain suka dengan niche yang sudah kamu pilih tadi dan memang dibutuhkan, maka banyak orang akan dengan sendirinya mem-follow akun publik Instagram milikmu tadi.

Mengapa?

Ya jelas …. karena mereka merasa senang dan mendapatkan manfaat dari akunmu tersebut.

Alhasil, setiap postingan akunmu tersebut memberikan mereka informasi bagi mereka. Dengan begitu, mereka selalu menantikan setiap postingan bahkan biasanya dia akan repost dan tag teman-temannya lagi.

Ketiga, dan yang terakhir adalah kamu mau jualan apa nantinya?

Pada poin yang ketiga ini perlu juga diperhatikan.

Tujuan kamu bangun akun publik Instagram biasanya adalah bisa menghasilkan uang tambahan dari media tersebut bukan?

Maka sebelum memilih niche, kamu juga harus berpikir bakalan mau jualan apa nantinya?

  • Misal mau jualan produk baju koko atau gamis Muslimah, maka bangunlah akun publik yang pengikutnya adalah orang-orang islam (target marketnya orang muslim). Contoh ambil tema tentang kajian agama, quotes islami, dll
  • Misal mau jualan produk skincare, maka bisa membangun akun publik yang mayoritas pengikutnya adalah ibu-ibu muda. Lalu berpikirlah niche apa yang pengikutnya ibu-ibu muda. Contoh bisa ambil tema tips merawat wajah, tips kecantikan, tips merawat tubuh, dll.
  • Misal mau jualan produk-produk percetakan, seperti cetak kaos, cetak undangan nikah, cetak banner. Maka kita cek dulu produk-nya apa saja? Kalau menurut kami, bagian percetakan ini kamu bisa garap banyak niche lho. Contoh tema supporter klub sepakbola (Persija, Juventus, Madrid, Manchester United, dll.) bisa dengan cara buat akun seputar klub bola tersebut atau juga bisa dengan tema wedding yang nantinya jual paket wedding/souvenir, dll. Atau bisa juga dengan tema bisnis offline yang menyasar ke target market UKM (nantinya bisa jual spanduk, flyer, kartu nama, dll.).

Dan seterusnya. Dengan begitu niche yang teman-teman bangun adalah memang berdasarkan hasil riset dan bisa menghasilkan ke depannya.

 

Contoh Akun Publik Instagram dengan Niche Menjanjikan

Mungkin biar lebih gampangnya dan tergambar tentang niche. Ini saya kasih contoh beberapa niche di instagram

Ini adalah niche kesehatan. Lebih khusus membahas tentang kesehatan herbal. Disini postingan postingan adalah tentang bahan bahan herbal. Cara membuat resep herbal.

Kamu bisa cek postingannya. Ada juga orang mengiklan produk herbal di sini. Bahkan pemilik akun juga posting jualan produk herbal.

 

contoh akun publik tema resep

Ini adalah niche makanan. Isi postingannya adalah membahas tentang kuliner jajanan di pasar. Kamu juga bisa lihat dia jualan produk mesin masakan di link-nya. Bahkan, di postingannya juga banyak yang pasang iklan produk produk yang cocok dengan niche yang rata-rata ibu-ibu muda yang hobi belanja. Cek saja di @resepjajananpasar.

 

Nah, ini ada contoh lain lagi. Ini adalah niche islami. Isi postingannya adalah membahas tentang yang berhubungan dengan islam. Kamu juga bisa lihat banyak produk islami yang di posting di sana.

Yah … seperti gamis, baju koko, al-Qur’an, buku islami, dan lain sebaganya.

Bahkan, yang punya akun jualan juga produknya sendiri di instagramnya. Gurih banget, kan? Cek saja di @kartun.muslimah.

 

contoh akun publik tema muslimah

Dan masih banyak niche yang lainnya. Kayakny udah mulai paham kan. Apa itu niche dan bagaimana cara menentukan niche yang tepat.

 

Cara Merawat Akun Publik Instagram

Dalam memposting suatu konten di akun publik kita. Setidaknya ada dua cara:

1. Dengan Membuat Postingan Sendiri

Membuat postingan sendiri ini bisa dengan mencari foto-foto di Google yang sesuai dengan niche yang sudah kamu pilih tadi, kemudian edit fotonya lalu tambahkan kata-kata yang menarik yang bisa membuat audiens mau untuk melihat dan membacanya.

Caranya?

Bisa dengan menggunakan aplikasi edit-edit di foto di Android, seperti Canva, Picsart, dll.

Kalo di komputer bisa dengan memakai Photoshop, Power point, dll. Kalau online, bisa pakai pemotong foto dan pengedit foto secara online yang bernama PhotoEditor.

2. Dengan Cara Repost Akun Orang Lain

Cara yang kedua ini adalah dengan cara kamu mencari akun publik yang niche-nya sejenis dengan akun publiknya yang sudah dibuat.

Misal teman-teman niche-nya Islami, maka cari akun bertemakan Islami.

Jika niche humor maka cari akun publik yang bertemakan humor.

Jika niche kesehatan maka cari akun publik dengan tema kesehatan, dan seterusnya.

Ini contoh akun yang memakai cara kedua.

Dalam memilih akun publik orang lain untuk dijadikan bahan repost postingan di akun kita, pastikan akun publik tersebut sudah mempunyai follower yang banyak.

Karena hal ini akan membuat akun kamu bisa terbantu untuk naik insight dan follower-nya saat me-repost postingan akun publik tersebut dengan catatan lain postingannya harus di riset.

Lantas dari kedua cara ini manakah yang lebih efektif?

Untuk tahap awal dalam membangun akun publik Instagram. Pada umumnya para pemain akun publik di Instagram lebih memilih cara yang kedua.

Yaiyalah, wong memang yang paling gampang. Kalau ada yang gampang, ngapain harus milih yang ribet? Ye … kan!

Cara kedua ini juga cenderung cocok untuk kamu. Setidaknya ada beberapa hal penyebabnya.

Pertama, lebih cocok untuk akun-akun baru yang mau dibangun. Untuk kamu yang baru mau terjun ke dunia akun publik Instagram, ini amat sangat cocok.

Tidak harus memikirkan konten apa yang harus dibuat. Karena biasanya waktu untuk membuat konten itu lebih lama. Dan pada akhirnya kontennya tidak jadi jadi.

Akan tetapi, dengan cara yang kedua ini kamu tinggal repost saja.

Kedua, karena cara yang kedua lebih mudah dan lebih besar kemungkinan untuk cepat naik akunnya mencapai 1k, 5k, 10, bahkan 100k follower.

Apalagi jika konten itu pernah viral, maka ketika di repost biasanya akan viral kembali di akun kita. Selain faktor penentu lainnya.

Gampang, kan?

Nah, setelah kamu memahami dan mendapatkan ide dari pada postingan untuk akun publiknya. Maka cara selanjutnya untuk merawat akun publik di Instagram adalah dengan cara memposting konten setiap hari.

Usahakan jangan sampai tertinggal satu hari pun untuk tidak posting terutama pada masa awal-awal membangun akun publik. Karena ini akan berpengaruh pada percepatan dan pertumbuhan akun.

Prinsip sederhananya gini.

Jika kita ingin dikenal orang lain. Maka kita harus lebih sering memperkenalkan diri kita.

Tokoh publik saja di awal-awal sebelum terkenal harus memperkenalkan diri dulu. Baru lama kelamaan akan dikenal orang lain

Begitu pun kita di Instagram.

Harus sering sering memperkenalkan akun kita dengan cara posting dan posting konten rutin.  Lama kelamaan orang akan tahu akun kita, dan Instagram sebagai media nya akan membantu memperkenalkan akun kita. Baik kepada follower yang sudah mem-follow ataupun kepada follower yang belum mem-follow lewat jalur lain seperti hashtag dan lainnya.

***

Demikian pembahasan tentang cara mengoptimasi akun publik Instagram. Semoga bermanfaat, ya. Kalau butuh bantuan untuk optimasi akun Instagram, hubungi saja Enxyclo sebagai penyedia jasa Instagram Marketing terbaik di kota Solo.

Also Read

Bagikan:

Tags

8 thoughts on “Akun Publik Instagram: Wow! Modal Repost Hasil Jutaan?!”

  1. Pingback: 50+1 Cara Meningkatkan Penjualan: Trik Rahasia! – ENXYCLO
  2. Pingback: 10 Strategi Penting untuk Pebisnis Online Pemula – ENXYCLO
  3. kalau saya sudah punya postingan .yaitu jahe merah instan ratu goraka
    bagaimana untuk masuk ke akun publik

    Reply
  4. halo kak untuk progres kedepan sy menjual woman clothing, kira2 niche yg bgus untuk akun publik apa kak

    Reply

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.