Cerita Buku di Negeriku

Perjalanan sejarah bangsa Indonesia sejatinya tidak dapat dipisahkan dari buku-buku. Tercatat bahwa penerbitan buku juga menjadi alat perlawanan bangsa Indonesia terhadap kolonialisme dan menunjukkan juga perkembangan budaya literasi bangsa Indonesia. Pada masa setelah Orde Lama, pemerintah Orde Baru juga menaruh perhatian tinggi terhadap perbukuan dengan menyelenggarakan proyek pengadaan buku pendidikan.

Buku ini memotret perjalanan dinamika perbukuan nasional mulai Orde Baru hingga Orde Reformasi, khususnya peranan yang dilakukan Pusat Kurikulum dan Perbukuan (Puskurbuk). Banyak hal yang telah dilakukan Pemerintah Indonsia terkait pembangunan perbukuan sampai puncaknya dirancangnya UU Sistem Perbukuan atas inisiatif DPR dan menunjuk Kemendikbud sebagai leading sector.

Babak baru perbukuan Indonesia akan disongsong bangsa ini dan diharapkan dapat menyejajarkan Indonesia dengan bangsa-bangsa lain di dunia. Karena itu, buku ini mengemas cerita yang menunjukkan perjuangan bangsa Indonesia di dunia buku.

 

 

Client: Puskurbuk, Indonesia
Skills: Graphic Design, Tipografi
Tools: Adobe Photoshop CC

Category

Graphic Design

Tags

book cover, tipografi

Date published

April 16, 2017

Pin It on Pinterest