Jasa SEO Solo Terbaik dan Tepercaya agar Websitemu di Halaman Pertama Google

JASA SEO SOLO – Memiliki bisnis namun tidak memiliki website adalah sebuah kesalahan. Memiliki bisnis dan memiliki website namun tidak mengoptimasinya dengan SEO adalah sebuah kesalahan yang besar nan fatal. Mungkin kamu akan bertanya, sebenarnya apa itu SEO dan apa fungsinya?

Baiklah, dalam artikel kali ini, Enxyclo sebagai agensi digital marketing terbaik di kota Solo, akan memberikan jawabannya, di mana semoga jawaban mengenai SEO ini akan memuaskan Anda dan menjadi inspirasi untuk bisnis Anda.

 

Apa Itu SEO dan Mengapa Penting untuk Bisnis Anda

Hal paling penting mengapa kita harus menggunakan SEO untuk bisnis kita adalah agar setiap kata kunci yang Anda targetkan bisa mendapatkan posisi terbaik di Google. Posisi terbaik berarti halaman satu Google dan akan lebih baik jika berada di posisi pertama alias ranking satu, karena orang jarang melihat halaman kedua Google. Makanya, sampai ada istilah: kalau mau mengubur mayat, kuburlah di halaman dua Google, dijamin nggak ada yang tahu. Iya, kan? Kita juga pasti jarang untuk mengecek ada apa di halaman kedua Google dari kata kunci tertentu yang kita ketikkan.

Nah, seperti itulah pentingnya SEO untuk bisnis Anda. Sekarang, kita ke definis dari SEO itu apa.

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Untuk mendapatkan gambaran menyeluruh tentang SEO itu seperti apa, mari kita mulai dengan definisi SEO.

Menurut Wikipedia, SEO adalah, “Optimasi mesin pencari (bahasa Inggris: Search Engine Optimization, biasa disingkat SEO) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut.”

Tujuan dari diadakannya SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Tentu saja, secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung. Artinya, saat pengunjung sudah kita dapatkan, kemungkinan mereka untuk membeli atau menggunakan jasa kita lewat website yang kita punya akan semakin besar.

Misalkan, Anda jualan kaos anak muslim.

Nah, lalu Anda membuat website dengan nama: www.KaosAnakMuslim.com (misalnya). Kemudian, Anda menyewat Enxyclo untuk kontrak dalam beberapa bulan demi mengurusi optimasi SEO-nya. Nah, Enxyclo kemudian menyasar kata kunci tertentu, misalkan:

  • Grosir Kaos Anak Muslim
  • Pusat Jualan Kaos Anak Muslim Murah

Dengan mengoptimasi kedua kata kunci tersebut, setiap orang yang mengetikkan kata kunci tersebut, maka website www.KaosAnakMuslim.com akan berada di halaman pertama Google. Artinya, orang yang membutuhkan kaos anak muslim akan langsung mengklik website tersebut, dan di situlah terjadi yang namanya PELUANG BESAR dari orang tersebut untuk membeli produk kaos anak muslim Anda.

Nah, seperti itulah ilustrasi dari pentingnya optimasi SEO di website bisnis Anda.

Bila dirangkum, SEO meningkatkan peluang website Anda untuk ditemukan di Google. Tidak ada jaminan website Anda muncul di ranking 1 dalam pencarian Google, atau muncul di halaman pertama Google. Akan tetapi, dengan SEO Anda bisa meningkatkan visibilitas website Anda di search engine sehingga website Anda tampil terdepan bagi orang-orang yang sedang mencari konten yang ada di situs Anda.

Dengan demikian, Anda sudah tahu kan bagaimana tugas Enxyclo dalam rangka membantu optimasi SEO dari website bisnis Anda? Kalau sudah paham, kita lanjutkan ke pembahasan selanjutnya.

 

Mengapa Harus Menggunakan atau Mengaplikasikan SEO di Website?

Nah, ini adalah pembahasan yang menarik, karena membahas tentang memangnya seberapa penting dan seberapa berperannya sih SEO bagi website bisnis kita?

Beberapa penjelasan berikut semoga semakin menyadarkan Anda mengenai betapa pentingnya SEO bagi website bisnis Anda.

Satu, terbatasnya dana. Kalau selama ini Anda membangun list email mengandalkan paid advertising seperti Facebook Ads atau Google Adwords itu sangat bagus apalagi kalau tingkat konversinya tinggi. Namun, ada satu pertanyaan yang harus Anda jawab. Mau sampai kapan Anda mengandalkan paid advertising? Berapa banyak budget yang Anda miliki untuk beriklan?

Walaupun tentu saja, berapa pun budget yang kamu punyai untuk beriklan dan mendapatkan lama kelamaan juga akan habis. Mengapa? Karena pada dasarnya manusia mempunyai keterbatasan. Nah, termasuk urusan dana.

Untuk itu, dengan mulai melek SEO, maka pelan-pelan dana Anda untuk beriklan bisa dialokasikan untuk keperluan lainnya yang lebih penting, seperti pengembangan produk, dan lain sebagainya. Dengan demikian, menggunakan SEO adalah sebuah investasi tersendiri.

Dua, SEO sangat penting untuk kesuksesan jangka panjang. Contoh nyata adalah bagaimana saya menargetkan keyword: Panduan Menulis Biografi dan satu keyword lagi yakni Jasa Penulisan Biografi. Perlu waktu dua bulan untuk kemudian dua konten tersebut merangkak naik ke halaman satu Google dan berada di ranking satu. Dalam dunia SEO aliran lurus (white hat), berlaku kaidah bahwa siapa yang memiliki konten dengan kualitas unggul, dia yang akan memenangkan pertarungan. Untuk itulah, saya membuat konten yang sangat bagus demi menaikkan ranking website tersebut.

Dengan mulai melek SEO Anda bisa menghasilkan traffic secara alami tanpa harus mempromosikannya di sosial media. Pada dasarnya, Anda butuh website yang bisa menghasilkan traffic sendiri untuk memberi prospek berkualitas. Jadi, mulailah menggunakan teknik pemasaran digital bernama SEO sejak sekarang juga dan perlahan Anda  akan melihat keunggulan SEO untuk bisnismu dalam jangka panjang.

Tiga, tertarget. Dengan SEO memungkinkan website kamu muncul di halaman pertama Google berdasarkan kata kunci tertentu. Artinya, orang yang memang menuju website kamu adalah orang memang mengetikkan kata kunci tertentu.

Misalkan, ada seseorang yang membutuhkan jasa penulisan biografi.

Nah, saya jadikan itu sebagai kata kunci. Ketika dia mengetikkan kata kunci tersebut ke Google Search, maka yang keluar adalah website saya. Dengan begitu, kemungkinan untuk menghasilkan prospek menjadi lebih mudah.

Bahkan, dari kata kunci sederhana seperti ini, saya pernah mendapatkan klien Adidas. Salah satu petinggi kantor produksi Adidas di Indonesia sedang berulang tahun, dan meminta saya untuk menuliskan biografinya. Juga, CEO dari Avian dan Cleo di Surabaya. Banyak hal seru lainnya juga terjadi. Ini buktinya.

 

jasa penulisan biografi

 

Berbeda kalau kamu beriklan di Facebook Ads. Untuk mencari target market dengan Facebook Ads Anda harus memasukkan interest. Terkadang, interest yang muncul tidak berhubungan langsung dengan produk kita. Kita perlu meraba-raba mana interest yang paling bagus untuk dipilih. Sehingga, kalau Anda menggunakan SEO, Anda  bisa langsung mendapatkan kunjungan dari orang-orang yang menjadi target market. Dari sini, Anda juga bisa memasang Facebook Pixel sehingga bisa melakukan retargeting untuk mendapatkan orang-orang yang lebih tertarget lagi.

Sungguh sangat menarik, bukan?

 

jasa seo solo terbaik dan tepercaya

 

Menyiapkan Website yang Ramah SEO

Untuk lebih memberikan pemahaman kepada Anda mengenai teknik SEO ini, berikut ini kami paparkan pengetahuan dasar mengenai optimasi SEO. Hal ini juga sebagai sarana Anda belajar sekaligus untuk mengetahui bahwa melakukan optimasi SEO membutuhkan teknik tertentu dan wawasan yang mendalam dan tidak asal-asalan. Bila Anda ingin mencoba sendiri tentu bagus, akan tetapi bila Anda menyerahkan optimasi SEO website bisnis Anda kepada Enxyclo tentu lebih baik, karena Anda tidak terepotkan dengan teknis-teknis yang merepotkan, sehingga waktu yang Anda miliki bisa Anda gunakan untuk memikirkan strategi bisnis dan pengembangan produk dari bisnis Anda.

Baiklah, kita simak dasar-dasar SEO untuk website bisnis.

1 — SETUP DASAR WEBSITE

Theme yang SEO friendly. Pastikan website memiliki susunan code yang rapi dan ramah dengan Google. Beberapa penyedia theme dengan persyaratan tersebut adalah:

Bagaimana dengan ThemeForest? Bila ingin seramah mungkin dengan Google dan sesuai dengan Google Webmaster Guideline, maka ketiga daftar tersebut adalah jagoannya. Abaikan dulu ThemeForest. Akan tetapi, bukan berarti membeli theme di ThemeForest menjadi tidak baik. Website ini juga menggunakan theme hasil beli di ThemeForest, kok.

Kecepatan website. Gunakan plugin bernama WP Super Cache. Plugin ini membantu kinerja server menjadi lebih ringan, dan lebih mudah diakses oleh browser. Gunakan juga Jetpack karena di Jetpack ada fasilitas Photon-nya.

Sitemap xml. Silakan unduh di bagian WordPress plugin secara gratis.

2 — OPTIMASI SETIAP KONTEN

Satu, ratusan konten dalam website tidak menjamin traffic. Kamu bahkan boleh berhenti membuat konten saat sudah memiliki 50 konten berbasis keyword. Banyak publisher yang berhasil bahkan cuma dengan 20 konten. Intinya, konten sedikit boleh, asal berkualitas, karena konten berkualitas berkuasa atas segala-galanya di ranah Google.

Cara terbaik memenangkan SEO adalah dengan membuat konten berkualitas. Maksudnya adalah konten yang memuaskan pembaca dan menyenangkan Google. Saat pembaca membaca konten berkualitas, mereka akan share di medsos, di mana kontenmu akan mendapatkan social signal, dan ini akan dideteksi oleh Google juga.

Pertanyaannya kemudian adalah: bagaimana cara membuat konten?

(a) IDEA. Bikinlah konten yang secara signifikan berbeda atau lebih baik daripada kompetitormu.

Lakukan beberapa riset penting:

  • tingkat kompetisi;
  • keyword paling top dalam industrimu;
  • validasi permintaan pasar atas keyword tersebut seberapa besar;
  • cari di forum, FB grup, Quora; dan
  • cari celah apa yang bisa kamu masuki yang belum terisi.

Untuk mengetes keyword, kamu bisa menggunakan: ubersuggest.io dan keywordtool.io.

Adapun cara mendapatkan ide:

  • freestorming;
  • menghubungkan antara satu konten dengan konten yang lainnya;
  • tulislah apa masalah pelangganmu;
  • tanya kepada orang-orang di medsos; dan
  • telisik apa kekurangan dan kelebihan dari artikel yang populer mengenai keyword bidikanmu.

(b) OUTLINE. Buatlah outline yang terdiri atas 3–5 kata kunci utama yang bisa dimasukkan ke dalam artikel. Membuat outline akan membantu kita mengeliminasi ide-ide buruk yang seharusnya tidak dimasukkan.

Bagaimana carany?

Misalkan, kata kuncinya adalah Jasa Desain Solo. Maka, outline-nya akan seperti ini:

Pembukaan

Bagian 1: Apa Itu Desain Grafis

Bagian 2: Pentingnya Desain Grafis untuk Bisnis

Bagian 3: Ke Mana Memesan Jasa Desain Grafis di Solo?

Penutup

Nah, gampang, kan? Gampang, sih. Eksekusi membuat kontennya yang susah dan menghabiskan waktu. Hehehe.

(c) ADD PROMOTIONIONAL ELEMENTS. Masukkan quote dari para influencer. Cari referensi dari statistik, survei, atau hasil riset seseorang. Add click to tweet bisa berguna. Dengan begitu, konten akan lebih menarik, nyaman untuk dinikmati, dan ramah ketika dibagi di media sosial. Coba, deh.

(d) CREATE IMAGES. Bikin custom images, jangan ambil gambar dari unsplash langsung diunggah. Bikinlah dengan lebih personal sesuai dengan brand dari websitemu.

(e) CONTENT REVIEW. Cek lagi konten tulisanmu, rapikan lagi. Tambal yang kurang, dan buatlah selengkap dan semenarik mungkin. Semakin lengkap akan semakin menarik. Semakin menarik dan lengkap akan semakin disukai oleh Google, dan tentu itu akan baik bagi bisnismu.

(f) ADD MIXED MEDIA. Misalkan dengan embed videos, embed istangram images, embed slideshares, infografis atau mikrografis, gifs akan sangat menarik.

(g) PROMOTION. Gunakan 80% dari waktumu untuk memasarkan kontenmu. Bisa lewat: Media sosial. Email. Posting ulang atau bentuk ulang, dan unggah di: Medium, LinkedIn, SlideShare, atau pun bikin dalam versi video di YouTube.

Dua, optimasi gambar. Gunakan minimal 3 gambar. Manfaatkan title dan alt (3 hingga 10 kata mengandung long tail keyword, dan maksimal 14o karakter) sebaik mungkin pada setiap gambar. Masukkan keyword dan penjelasan yang cukup.

Pastikan juga file name berisi keyword. Misalkan keyword-nya adalah bakso kuah, maka file name untuk foto bisa: makan-bakso-kuah-di-solo.jpg.

Tiga, jumlah kata. Artikel yang masuk halaman pertama Google, selalu memberikan satu hal penting: menyajikan konten komprehensif. Artinya, hal itu tidak bisa dicapai dengan jumlah kata yang sedikit. Makin panjang makin bagus. Kalau bisa, panjang banget, sehingga konten menjadi sangat epik. Atau, secara mudahnya adalah pastikan jumlah kata hingga 2.000 kata lebih. Untuk mengecek jumlah kata bisa ke sini: https://wordcounter.net/

Satu hal mendasar, Google bisa melihat “seberapa puas” pengunjung dengan konten tersebut. Caranya? Lewat Long Click, yaitu seberapa lama pengunjung membaca suatu konten. Makin lama, makin bagus untuk mendongkrak konten tersebut naik ke halaman satu Google.

Nah, cara agar pembaca betah berlama-lama untuk terus membaca konten kita adalah dengan melakukan:

(a) Bucket Brigades adalah kata-kata dan frasa yang membuat para pembaca tetap membaca postingan. Dia berdiri sendiri dalam satu baris paragraf.

Misalkan:

  • Lihatlah ….
  • Inilah caranya …
  • Jadi, apa yang sebenarnya terjadi?
  • Bagaimana seharusnya kamu menggunakannya?
  • Apa bagian terbaiknya?
  • Mengapa ini penting?
  • Tak hanya itu saja ….

(b) Quote boxes. Yaitu quote yang kita sendirikan lewat kotak khusus, sehingga dia menonjol, mudah dibaca, dan mempercantik tampilan konten.

(c) APP Method. Yaitu singkatan dari Agree-Promise-Preview. Susunan konten seperti ini akan membuat pembaca betah berlama-lama dengan konten yang kita sajikan.

Pada bagian paragraf-paragraf awal, kita berikan pertanyaan-pertanyaan yang pembaca harus MENYETUJUI apa yang akan kita sampaikan.

Pada bagian kedua, kita MENJANJIKAN apa yang akan didapat pembaca dari konten yang kita sajikan. Sampaikan dengan jelas sehingga pembaca tahu bahwa tujuan dari membaca konten panjang yang kita sajikan nanti sangat penting untuk memecahkan masalahnya.

Pada bagian ketiga, adalah PREVIEW atau kita menunjukkan konten ini berisi tentang apa.

Konten yang lebih panjang akan mendapatkan share yang lebih banyak sehingga akan menaikkan ranking. Good content is good SEO.

Misi utama Google adalah untuk merapikan informasi dari seluruh dunia, sehingga informasi tersebut bisa diakses dengan lebih mudah dan bermanfaat.

Empat, internal Link, outbond link, dan backlink. Maksud dari outbond link, yakni link di dalam website yang mengarah ke website lain. Sedangkan maksud dari internal link adalah link di dalam website yang mengarah ke dalam konten lain di dalam website itu sendiri. Sedangkan backlink adalah link yang mengarah ke website kita.

Apakah dengan membuat outbond link serta merta akan menaikkan website lain dan merugikan website kita sendiri? Tidak. Dua-duanya akan terangkat. Hanya saja, ada syaratnya, yakni: (1) website lain tersebut adalah website authority, (2) url tujuan memiliki konten yang relevan dengan pembahasan yang sedang dipaparkan dalam konten website kita (3) kalau ingin menggeser kompetitor, jangan memasang outbond link ke website dia, cari web authority lain yang tidak ada di halaman satu Google.

Bagaimana cara mendapatkan backlink berkualitas? Aktivitasnya dinamakan link building, yakni untuk mendapatkan backlink dari website lain. Tugas utama backlink adalah: menaikkan reputasi website atau konten kamu di Google. Jadi, tujuan utama bakclink bukan mendapatkan traffic dari website lain, tapi mendapatkan kepercayaan dari Google, sehingga traffic akan naik yakni datang dari mesin pencarian milik Google.

Cara mendapatkan backlink berkualitas adalah:

  • Dari komentar di blog lain.
  • Lewat social bookmark. Contoh situs social bookmarking adalah Pinterest, Stumbleupon, Reddit, Digg, dll. Social bookmark adalah situs di mana para pengunjung boleh submit konten.
  • Backlink kontekstual. Ini adalah backlink paling berdaya. Ciri utama backlink jenis ini adalah ketika berada di tengah-tengah artikel. Akan makin berdaya, jika: artikel website lain tersebut relevan dengan konten kita; artikel di website tersebut menerapkan kaidah SEO yang mantap; datang dari situs authority atau situs populer (seperti Hipwee, Kompasiana, Medium, dsb.); atau datang dari website yang sudah ada di halaman satu Google.

Artinya, dari semuanya, bakclink kontekstual paling bagus untuk kita perjuangkan. Tetapi, bagaimana cara mendapatkannya?

Menulis untuk website orang lain atau guest post. Bisa juga dengan submit artikel ke Kompasiana, Medium, LinkedIn, dan situs-situs populer untuk menaruh backlink.

Tukeran backlink dengan teman-teman sesama pembuat konten.

Bikin artikel super menarik, sehingga ketika pengunjung datang, dia tak segan untuk secara sadar dan gratisan mem-backlink konten kita tersebut. Bagaimana caranya?

  • Survei. Lakukan survei dan tuliskan dalam bentuk artikel mengenai temuanmu tersebut. Kapan pun orang-orang ingin mendapatkan poin dari hasil surveimu, mereka akan melakukan backlink secara gratis.
  • Wawancara. Untuk melakukannya butuh waktu dan persistensi. Akan tetapi, semuanya akan terbayarkan dan berharga pada akhirnya. Wawancarailah seseorang yang berada pada level top di industrimu.
  • The twist post. Kamu sudah mendengarkan tentang list post. Contohnya adalah 5 Cara Melakukan Ini atau 11 Cara Melakukan Itu, dan sebagainya. Konten jenis ini ada di mana-mana, dan seringnya justru kurang substansi. Padahal, bila kamu berhasil melakukan twist pada jenis List Post, dan membuatnya lebih berharga, maka jenis post seperti itu masih berfungsi dengan baik untuk membangun backlinks. Contoh: 100 Buku Tentang Bisnis yang Harus Kamu Baca Sebelum Umurmu 30 Tahun.
  • Tutorial. Pilihlah salah satu aspek dalam industrimu yang bisa ditutorialkan, dan buatlah konten seperti itu. Tutorial selalu dibutuhkan oleh orang.
  • Personal view point. Sudut pandang personal yang unik. Contoh: Saya Pergi Makan McD, dan Saya Benci Selamanya. Atau, Fuck You Startup World!
  • Perbandingan. Seseorang ingin mendapatkan yang terbaik. Yang ingin didapatkan pembaca adalah perbandingan mana yang terbaik.
  • Perjalanan atau proses. Misalkan, perjalanan selama dua belas bulan dalam membangun startup, yang kemudian dijuduli: 12 Startups in 12 Months.

 

 

Lima, permalink. Pastikan jangan menggunakan permalink yang terlalu panjang dan harus mengandung keyword. Misalkan keyword: Cara Menulis Buku Nonfiksi. Maka permalink-nya bisa dua:

/cara-menulis-buku-nonfiksi

/menulis-buku-nonfiksi

Pada cara pertama, saya mengunakan permalink full dari keyword. Sedangkan cara kedua, saya hanya menggunakan objek dari keyword. Dua-duanya boleh dan akan berhasil.

Enam, subjudul. Gunakan subjudul H3 dan variannya adalah H4. Pola penggunaannya adalah:

  • H3- H4- H4- H3- H4- H4.

Subjudul yang mengandung keyword atau diversity keyword. Maksud dari diversity keyword adalah variasi anchor text yang ikut mendukung keyword.

Misalkan keyword: Penerbit di Solo

Maka, anchor text-nya adalah seperti ini:

  1. Penerbit di Solo
  2. Tinggal di Solo
  3. Kota Solo
  4. Alamat Penerbit di Solo

Kamu bisa siapkan lebih dari 3 anchor text, mau 10 juga silahkan. Yang jelas anchor text yang kamu buat itu tidak boleh sama susunan katanya dengan anchor text yang lain, tapi masih berhubungan (dan mengandung) kata kunci. Kalau pengalaman saya, 3 anchor text sudah sangat ampuh. Silahkan tanam backlink untuk membuat anchor text tersebut. Pastikan bahwa masing-masing anchor text ditanam di tempat (situs) yang berbeda.

Pastikan ada satu objek dari keyword yang terpasang di subjudul. Misalkan keyword makanan sehat. Maka, aplikasikanya akan seperti ini:

  • Pada bagian judul: 30 Makanan Sehat Setiap Hari.
  • Pada bagian slug: makanan-sehat.
  • Pada bagian subjudul: Makanan Sehat Bayam Terbaik, Sayur Sehat Wortel.
  • Pada bagian gambar: wortel makanan sehat.jpeg.

Pengulangan keyword yang sesuai pada tempatnya di dalam artikel sangat bagus untuk menaikkan konten di halaman pertama Google. Pastikan natural dan tidak terpaksakan.

Tujuh, meta title dan meta description. Caranya gampang, unduh saja Yoast. Di sana sudah disediakan pengaturannya. Masukkan keyword dan long tail keyword dan penjelasan yang revelan.

Delapan, judul. Judul yang baik ada angkanya dan menggunakan kalimat yang lebih personal, sehingga pembaca merasa terlibat. Misalkan: 50 Cara Penulis Buku Menembus Penerbit. Artikel seperti ini akan terus dibutuhkan dan diviralkan dengan sendirinya. Jumlah angka yang banyak akan membantu pembaca untuk ter-wow-kan dengan bayangan konten yang banyak, dan “menembus penerbit” artinya memainkan emosi dari para penulis pemula yang sering gagal menembus penerbit.

Ada dua alasan mengapa konten kita gagal. Satu, konten tersebut sampah alias tidak berguna. Dua, konten tersebut membosankan dan tidak bermutu. Temukan niche, dominasilah! Untuk sukses di Google lewat SEO, kamu tidak harus menguasai banyak hal. Temukan niche-mu, dan dominasilah!

Sembilan, long tail keyword. Ada orang yang menulis di Google dengan kata kunci yang panjang (long tail), ada juga yang pendek. Artinya, ketika judul yang kita tulis di website tersebut sama persis atau hanya mendekati dengan yang ditulis oleh pencari, maka yang muncul adalah website kita. Itulah pentingnya long tail keyword.

Misalkan keyword: Jual Tas Kamera.

Maka, long tail keyword: Jual Tas Kamera Terbaik Solo 2017.

Contoh yang lain:

Keyword: Membuat Brownies Kukus

Long tail keyword: Alat yang Dipakai untuk Membuat Brownies Kukus

Sepuluh, domain authority dan page authority hampir tidak berbeda. Intinya, kalau mau DA naik, pastikan setiap konten yang kita buat berkualitas. Maka, PA akan naik, dan DA akan naik. Domain authority checker ada di: http://smallseotools.com/domain-authority-checker/

  • Jangan bangun ribuan link semalaman, sebaiknya bangunlah sedikit backlink yang berkualitas setiap harinya. Ini bagus untuk SEO, yang bisa membantu anda meraih ranking yang bagus. Dan di saat yang sama membantu Anda untuk mendapatkan ranking yang bagus pada keyword tertentu yang digunakan di anchor.
  • Tulislah konten berkualitas dan gunakan keyword yang terkait di seluruh artikel.
  • Gunakan keyword yang dijadikan target di title, header tags dan meta description.
  • Ingat kepadatan keyword sebaiknya tidak lebih dari 5% untuk keyword yang ingin dinaikkan ranking-nya dan lakukan hal yang sama pada keyword lain yang terkait.
  • Bangun koneksi dengan blogger lain, berikan komentar berkualitas di artikel mereka.

Demikian panduan sederhana untuk memahami apa itu SEO, bagaimana fungsinya, dan langkah demi langkah untuk memaksimalkan website bisnis Anda dalam melakukan digital marketing melalui SEO. Bila Anda sudah sadar bahwa masih banyak hal yang perlu diselesaikan secara profesoional mengenai website Anda, silakan untuk menghubungi jasa SEO dan digital marketing dari Enxyclo.

 



Leave a Reply